KPUD Dairi Ricuh

 

ngguntur purba 29Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. SIDIKALANG. Aksi protes yang dilancarkan ratusan massa pendukung pasangan Bakal Calon Bupati/ Wakil Bupati Parlemen Sinaga dan Reinfil Capah terus berlanjut. Kali ini [Selasa 23/7], massa bersikeras akan menginap di Kantor KPUD Dairi sampai KPUD memenuhi tuntutan mereka. Massa menuding KPUD Dairi bersikap curang dan berpihak kepada salah satu kandidat untuk meggagalkan pencalonan pasangan Parlemen Sinaga dan Reinfil Capah.

Sehari sebelumnya, puluhan massa ini sudah melakukan aksi protesnya di Kantor KPUD Dairi, menuntut agar KPUD Dairi bersikap transparan dan memperlihatkan berkas dukungan partai politik yang memberi dukungan ganda terhadap pencalonan kandidat. Mulanya, massa yang datang ke KPUD Dairi hanya puluhan orang. Sore hari, massa bertambah

mencapai ratusan orang. Mereka membentangkan tikar di halaman Kantor KPUD Dairi dan mengancam akan menginap di sana untuk mengawasi kinerja KPUD Dairi.

Kesal tidak ditanggapi, massa menghalau dan melarang Ketua KPUD Dairi Feryanto Sitohang keluar dari gedung KPUD sampai tuntutan mereka dipenuhi. Menghindari massa anarkis, Ketua KPUD pun kembali ke ruangannya dan mengunci pintu ruang kerjanya.

Massa menuding KPUD Dairi curang dan berpihak kepada salah satu pasangan untuk menggagalkan pencalonan pasangan Parlemen Sinaga dan Reinfil Capah. Amarah massa memuncak saat salah seorang anggota Komisioner KPUD Dairi, Sudung Simanjuntak, tidak memenuhi janjinya menunjukkan lampiran surat dukungan ganda partai politik kepada simpatisan. Lima partai politik yang mendukung pasangan Parlemen Sinaga dan Reinfil Capah juga memberikan dukungan kepada pasangan Luhut Matondang dan Maradu Gading Lingga dengan kepengurusan yang berbeda.

Massa membubarkan diri setelah Kapolres Dairi memediasi massa simpatisan dan KPUD Dairi untuk bermusyawarah. KPUD tidak bersedia memenuhi tuntutan massa dengan alasan berkas tersebut rahasia negara. KPUD berjanji akan menunjukkan berkas-berkas yang dituntut massa setelah selesai diverifikasi oleh KPU.

Share This Post On

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d bloggers like this: