Dapur Kuliner Siti Jariah Meliala: LONTONG SAYUR LODEH ALA SINGAPURA

siti jariah 107

Bahan – bahannya :

100 ml minyak goreng, 500 gr santan kental, 2 liter air, 2 helai daun salam, 125 gr wartel (dikupas dan dipotong 2,5 cm panjang), 400 gr bengkuang (dikupas dan dipotong 2,5cm panjang), 180 gr kacang panjang (potong 2,5 cm panjang), 4 buah tahu (dipotong 4 lalu digoreng setengah matang), 2 biji tempe (dibelah 2 dan dipotong 6 lalu digoreng setengah matang).

Bahan yang Dihaluskan :

3 sendok makan rempah masak lodeh (kalau tidak ada boleh ditukar dengan 15 tangkai cabe merah, 2 sendok makan ketumbar bubuk, 8 buah kemiri), 2 batang serai (ambil bagian yang putih saja), 1 cm kunyit, 40 gr lengkuas, 80 gr bawang putih, 130 gr bawang merah, 120 gr udang kering/ asin yang tak berkulit (direndam dengan air panas).

siti jariah 108

Bahan Pelengkap :

Lontong secukupnya (ready made lontong/ siap saji), telur rebus secukupnya, serunding secukupnya.

Cara Membuatnya :

1. Panaskan minyak dalam periuk tumis bahan halus hingga wangi. 2. Masukkan santan kelapa yang dicampur dengan 2 liter air dan daun salam masak sampai mendidih serta diaduk sekali-kali. 3. Masukkan bengkuang, masak lagi hingga mendidih. Kemudian masukkan kacang panjang dan wortel. Masak lagi hingga mendidih. Setelah itu masukkan kol dan garam. 4. Masak sampai sayuran matang. Akhir sekali, masukkan tahu dan tempe goreng, aduk dan boleh matikan api.

siti jariah 109Cara menyajikannya :

Potong lontong mengikut selera, susun di dalam mangkuk bersama sebutir telur rebus, tambahkan kuah lodeh dan sebiji tahu lalu taburi dengan serunding. Siap utuk disajikan.

Mari kita nikmati lontong sayur ini dengan lagu permintaan dari Pemimpin Redaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.