Aktivitas Deleng Sinabung Meningkat

Gunung Sinabung yang aktivitasnya meningkat saat ini.

Gunung Sinabung yang aktivitasnya meningkat saat ini.

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. NAMAN TERAN. Aktivitas kegempaan vulkanik/ hembusan serta tektonik Gunung Sinabung (Dataran Tinggi Karo) meningkat. Tanaman ladang warga dan rerumputan mengering dalam radius 2 km. Saat ini, gunung berapi tertinggi di Sumut ini kerap diselimuti kabut. Asap tebal putih kebiruan berbau belerang keluar sekitar 30-400 m dari permukaan kawah [Jumat 16/8].

Hingga saat ini, pihak Pemkab Karo belum menyampaikan apa kandungan asap yang telah menyebar di kaki gunung serta bau belerang yang telah sampai ke pemukiman. Warga menjadi was-was dengan meningkatnya aktifitas Gunung Sinabung.

Puluhan hektar tanaman serta rerumputan sekitar kaki gunung mulai kelihatan mengering. Tanaman muda warga rusak dan mati. Seperti di perladangan warga Desa Sukanalu (Kecamatan Namanteran), puluhan hektar tanaman seperti cabai, kol serta kentang mengering dan mati.

ngguntur purba 36Menurut Rajin Sembiring, sejak terjadi gempa di Aceh beberapa waktu lalu, aktivitas Sinabung semakin meningkat dengan mengeluarkan asap tebal dan tercium bau belerang yang sangat menyengat dari kawah. Warga Desa Sukanalu dihimbau oleh aparat desa untuk waspada  saat bekerja di perladangan yang jaraknya 2 km dari kawah.

Demikian juga menurut  Imanuel Ginting.

“Sinabung kerap membuati gempa dan menghembuskan asap belerang yang mengakibatkan tanaman mengering dan mati,” ujarnya.

Imanuel terpaksa memanen dini tanaman kentangnya karena takut rusak dan busuk akibat asap dari kawah gunung.

Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten Karo segera tanggap jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi seperti meletusnya gunung berapi ini di tahun 2010 silam.

Share This Post On

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d bloggers like this: