IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia )

HEVI S. TARIGAN. MEDAN. “IWAPI adalah inspirasi wanita pengusaha di Medan,” demikia dikatakan oleh Walikota Medan (Drs. H. T Dzulmi Eldin S MSi) yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH pada perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-42 di Restoran Padang Lawas, Jl. Sei Batu Gingging (Medan Baru) [Sabtu 25/2].

Walikota berharap, dalam usianya yang ke-42, IWAPI semakin sukses ke depan khususnya berkarya dalam melahirkan wanita-wania tangguh yang inspiratif dalam berwirausaha karena sekarang ini pun wanita sudah ambil bagian dalam pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi di Indonesia

“Kita patut bangga dengan progres perkembangan para wanita pengusaha Indonesia. Hal ini juga tidak terlepas dari peran serta IWAPI untuk terus melahirkan, membina dan mengarahkan wanita Indonesia sehingga memiliki keinginan dan cita-cita untuk sukses sebagai pengusaha,” ujar Eldin didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan, H. Dammikrot serta Camat Medan Baru, Illyan Chandra Simbolon, S.STP, M.SP.

Eldin menekankan perempuan Indonesia harus memiliki kemampuan yang serba bisa dengan segala keahlian dan kompetensi unik yang dimilikinya. Jangan semata-mata hanya menjadi ibu rumah tangga saja, melainkan harus jadi ibu rumah tangga yang juga serba bisa.




Kota Medan sendiri terus mempersiapkan program-program pembangunan daerah, mulai dari infrastruktur, sumber daya manusia serta pembangunan eknomi, termasuk UMKM Kota Medan. Untuk itu Walikota ingin IWAPI menjadi mitra strategis Pemko Medan mengembangkan dan membina UMKM yang ada di Kota Medan agar menjadi besar dan mampu bersaing dalam pasar internasional.

Sebelumnya dikatakan oleh Ketua IWAPI Sumut yang juga merupakan Ketua APJI Sumut, Hj. Rosna Nurleli Siregar, HUT IWAPI ke-42 ini membawa semangat baru bagi mereka untuk terus meningkatkan peran perempuan pengusaha guna mencapai pemerataan ekonomi nasional.

“IWAPI akan terus mendukung program pemerintah untuk melakukan pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan. Kami bersama seluruh pengurus lainnya akan memacu insting para wanita yang tergabung dalam UMKM binaan IWAPI untuk memiliki jiwa berwirausaha yang kuat,” sambungnya.

Perayaan HUT IWAPI ke-42 tersebut dirangkaikan dengan peresmian Kantor Sekretariat IWAPI Sumut dan Kantor Sekretariat APJI Sumut yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani, SH, dilanjutkan peninjauan stand produksi dan hasil karya wanita pengusaha seperti tenun, batik, kerajinan tangan, serta makanan dan minuman.

Sekretariat IWAPI Sumut dan APJI Sumut ini nantinya akan digunakan sebagai tempat pembinaan anggota sekaligus menjadi base camp promosi pemasaran barang-barang karya UMKM. Dengan demikian, nantinya promosinya akan semakin meningkat hingga menuju pasar internasional.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.