Kolom M.U. Ginting: Buitenzorg

istana bogor 3
Model SIRULO (Ratna Sari beru Tarigan) dengan pakaian tenunan tradisional Karo (uis). Lokasi: Pasar buah Karo di Medan

M.U. GintingKeberadaan Presiden Jokowi di Istana Bogor (Buitenzorg), Jusuf Kalla (JK) bilang karena Jokowi ingin tenang dan supaya bisa lebih fokus. JK sebagai seorang extrovert bisa mengerti introversi Jokowi yang sekarang tinggal di Istana Bogor, lebih tenang. Cari tenang untuk recharge, adalah kebutuhan rutin seorang introvert karena kebutuhan stimulasi internnya. Ini tidak dibutuhkan oleh seorang extrovert seperti JK (stimulasi extern), tetapi ini adalah suasana yang sangat bagus kalau JK mengerti kebutuhan prinsipial Jokowi sebagai presiden dan juga atasannya.

Sejak semula sudah terlihat adanya keharmonisan kombinasi ini antara Jokowi dan JK, sebagai Presiden dan Wakil Presiden  RI. Mudah-mudahan bisa berjalan terus dan keduanya bisa saling menunjang kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sangat jarang memang terjadi bahwa seorang extrovert bisa mengerti seorang introvert dan begitu juga sebaliknya. Tetapi dengan pesatnya perkembangan dan perluasan ilmu ‘psikologi untuk semua’, kombinasi dua kharakter yang berkebalikan ini semakin menunjukkan keharmonisan yang menguntungkan bagi perkembangan hubungan sosial kemanusiaan seluruh dunia.

[one_half]menikmati langgam kepemimpinan introversinya[/one_half]

Jokowi kelihatannya harus menambah sifat narcis positifnya seperti yang pernah dilakukan oleh introvert Steve Jobs dalam tugas sehari-hari, dan telah membuktikan keberhasilannya dalam memimpin organisasinya yang begitu besar. Jokowi punya organisasi yang lebih besar (RI), tetapi dia juga bisa berhasil bagus, sehingga 200 juta lebih rakyat Indonesia bisa lebih yakin dan lebih bahagia menikmati langgam kepemimpinan introversinya dengan tambahan extra narcis positif dalam bersikap walaupun sifat ini pada umumnya hanya dimiliki oleh orang-orang extrovert.

Orang-orang extrovert Wall Street telah menyalahgunakan sifat narcis (ngatif) dalam  memperburuk situasi finans dunia abad lalu dan permulaan Abad 21, tetapi kaum introvert menggunakan narcis positif supaya instruksi pimpinan bisa jalan ke semua tingkat organisasi seperti contoh Steve Jobs itu.

istana bogor 2
Ratna Sari beru Tarigan adalah juga penari Sanggar Seni Sirulo (Medan) (lihat vieo di bawah dan pernah bergabung dengan Kelompok Musik Karo di Belanda TARTAR BINTANG sebagai penabuh gendang ketteng di Museum Etnologi Leiden.

Ada juga yang berpendapat bahwa Jokowi sementara ke Istana Bogor karena disinyalir adanya penyadapan di komplek istana Jakarta. Hal ini tentu bukan lagi rahasia, semenjak Snowden telah membongkar BIN Amerika. Penyadapan SBY, telefon dan emailnya ketika di istana Jakarta sudah dibongkar oleh Snowden ex anggota BIN Amerika itu. Tentu Jokowi juga tak akan dikecualikan. Karena itu, penyadapan presiden mana saja bukan lagi rahasia, sudah menjadi rahasia umum. Kalau tidak BIN asing, ya BIN sendiri juga bisa menyadap. Selama gonjang ganjing KPK-Polri, bisa dipahami akan lebih gesit lagi kebutuhan penyadapan bagi pihak-pihak tertentu.

[one_fourth]Sama-sama gelap tak berani tunjukkan muka[/one_fourth]

Penyadapan adalah rahasia, adalah kegelapan, adalah shadow von Goethe, dan  yang sekarang sedang dalam proses perubahan. Orang-orang terorist kalau bicara di TV pakai masker tutup kepala dan mukanya, tak mau tunjukkan mukanya atau tak berani buka. Itulah kegelapan terorist. Kegelapan BIN asing itu apa bedanya? Sama-sama gelap tak berani tunjukkan muka. BIN-BIN asing ini katanya mau perangi terorist, apa harus gelap-gelapan? Tunjukkan mukamu kalau memang perjuangannmu adil dan untuk kebahagiaan rakyat.

Kegelapan ini sekarang sedang dalam rontaan sekarat karena dilanda gelombang gerakan lentera rakyat seluruh dunia, revolusi kontrol publik. Perjuangan yang adil harus terang-terangan saja, dan semua soal di atas meja. Snowden adalah perintis dan pahlawan keterbukaan dalam proses perjalanan perkembangan kemanusiaan. Rakyat-rakyat dunia sudah semakin yakin bahwa persoalan bersama kemanusiaan hanya bisa diselesaikan dengan memaparkannya di atas meja dan diselesaikan bersama.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.