Aktivitas Sinabung Masih Tinggi, Tumpukan Kubah Lava 2,2 juta kubik

NggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunungapi Sinabung beberapa hari belakangan ini masih relatif tinggi. Saat ini, petugas PVMBG di Posko Pemantauan Gunungapi Sinabung mengamati masih tingginya suplay magma dari dapur magma menuju puncak Sinabung. Magma ini membentuk kubah lava yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 2,2 juta kubik.

Beberapa hari belakangan ini, Sinabung masih menujukan adanya peningkatan aktivitas kegempaan. Masih teramati adanya suplay magma dari dapur magma menuju puncak Gunungapi Sinabung.

sinabung 33Selain itu, aktivitas guguran lava pijar serta aktivitas erupsi semburan debu vulkanik masih dapat saja terjadi kapan jasa mengingat aktivitas kegempaan masih terus berlangsung dan teramati melalui alat sesmograf yang ada di Posko Pemantauan Gunungapi Sinabung. Petugas PVMBG di Pos Pemantauan Gunung Sinabung saat ini terus mengamati pembentukan kubah lava yang masih terus menerus berlangsung. Pada pengukuran terakhir, pihak Posko Pemantauan Gunungapi Sinabung mengamati ada 2,2 juta kubik kubah lava menumpuk di puncak Gunung Sinabung.

Sehubungan dengan itu, pihak PVMBG menghimbau agar warga  lereng Sinabung jangan masuk ke Zona Bbahaya Sinabung mengingat kubah lava Sinabung saat ini sudah mencapai 2,2 juta kubik dan bisa berpotensi ambruk dan cukup membahayakan.




Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: