Selamat Jalan Pahlawan Lingga

Lingga 6

Gubsu menyampaikan ucapan berdukacita di acara pemakaman Alm. Abdu Sahputra Purba.

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. SIMPANG EMPAT. Hari ini berlangsung acara pemakaman Abdi Sahputra Purba di Balai Desa Lingga (Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo). Abdi Saputra Purba diduga tewas terkena peluru panas saat melakukan hunjuk rasa ke Mapolres Tanah Karo di Kabanjahe [Jumat 29/7]. Sebagaimana telah diberitakan, hunjuk rasa ini terkait dengan penolakan atas penangkapan sejumlah warga Desa Lingga oleh polisi karena menolak desanya dijadikan empat relokasi mandiri pengungsi Sinabung.

Pemakaman yang digelar sesuai adat Karo ini berjalan dengan hikmat. Losd Desa Lingga dipenuhi oleh pelayat dari berbagai kalangan. Tak ketinggalan seluruh warga Desa Lingga ikut menghadiri acara pemakaman “sang pahlawan” mereka ini.

Pagi tadi, Komandan Korem I/BB menyatakan ikut berbelasungkawa atas kepergian Alm. Abdi Saputra Purba. Beliau juga sangat menyayangkan kejadian ini dan berharap tidak akan pernah lagi kejadian seperti ini terulang kembali.

Pak Ginting yang diwawancarai oleh Sora Sirulo di sela-sela acara pemakaman mengatakan Alm. Abdi Sahputra Purba adalah pahlawan bagi warga Desa Lingga.

Lingga 5“Kami akan selalu mengenang perjuangannya bersama teman-teman lainnya. Kami juga berdoa agar pahlawan kami lainnya Ganepo Tarigan yang saat ini masih dirawat di RS H. Adam Malik, Medan, lekas sembuh. Juga saudara kami yang terluka saat ini pasca demo kemarin agar cepat sembuh seperti sedia kala. Kami warga Desa Lingga akan tetap bersatu memperjuangkan hak-hak kami,” katanya dengan suara sendu sambil mengusap air mata.

Papan bunga turut berdukacita berjejer di sekeliling balai Desa Lingga menunjukkan betapa kejadian ini menjadi sebuah tragedi yang sangat tidak diinginkan dari berbagai pihak. Terlebih-lebih papan bunga dari Perangkat Desa Lingga berbunyi sangat mengharukan: “Abdi Saputra Purba, perjuanganmu akan kami kenang selamanya.” Kalimat ini meneguhkan hati semua warga Desa Lingga bahwa warga Desa Lingga akan tetap bersatu dalam memperjuangkan desa mereka untuk lebih baik ke depannya.

Lingga 7

Penjagaan ketat oleh personil TNI.

Pukul 14:00 wib, tak disangka-sangka, tiba di Lingga rombongan Gubsu Tengku Erry Nuradi, Pangdam I/ BB, Waka Poldasu dan sejumlah pejabat lainnya untuk turut menghantarkan Alm. Abdi Saputra Purba ke Negeri Pengembalin Dibata. Mereka didampingi oleh perwakilan dari DPRD Kabupaten Karo.

Pada kesempatan itu, Gubsu menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya putra Desa Lingga. Dia berharap tidak akan ada lagi korban jikapun ada permasalahan di Taneh Karo.




Anggota DPD RI Parlindungan Purba juga turut hadir. Selain menyampaikan turut berdukacita, dia menyempatkan diri berbincang-bincang dengan warga untuk menyampaikan aspirasi mereka ke tingkat Pusat. Parlindungan Purba berjanji akan membawakan permasalahan ini ke DPD RI untuk memantau dan mengikuti kasus yang terjadi sampai tuntas.

“Aspirasi warga akan disampaikan kepada Presiden RI, Kapolri dan DPR RI,” kata Parlindungan kepada warga.

Demikian juga pernyataan perwakilan dari LSM Jaringan Nusantara, Jakarta, DR. Heri Sebayang. Dia akan tetap bersama warga Desa Lingga untuk menegakkan keadilan dan tetap memantau perkembangan dalam penyelesaian permasalahan ini sampai tuntas.

Dalam amatan Sora Sirulo, sedari pagi, banyak personil TNI diturunkan ke Desa Lingga. Terlihat personil TNI dari Simpang Lingga hingga ke losd tempat acara berlangsung. Setiap sudut Balai Desa Lingga dijaga ketat oleh personil TNI.








Share This Post On
468 ad

1 Comment

  1. Demonstrasi damai dari desa Lingga demi mempertahankan hak desanya. Pembunuhan demonstran Karo oleh aparat negara bahkan tak pernah atau jarang terjadi dijaman penjajahan.
    Sekarang terjadi dijaman modern, jaman keterbukaan dan partisipasi publik dalam semua persoalan kemanusiaan, apalagi persoalan desa sendiri, di Karo dimana berlaku kearifan lokal runggu! Persoalan apa yang tak bisa diselesaikan diatas meja. Apalagi persoalan desa.
    MUG

    Post a Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: