Gamalama Meletus, Bandara Babullah Ditutup Sementara

jebta 3JEBTA B. SITEPU. TERNATE. Sejak hari ini [Rabu 3/8] Bandara Babullah di Kota Ternate (Maluku Utara) ditutup sementara hingga esok hari [Kamis 4/8: pukul 10.00 WIT]. Penutupan Bandara ini akibat tertutup oleh abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama.

“Pos Pengamatan Gunungapi Gamalama PVMBG melaporkan bahwa Gunung Gamalama meletus eskplosif lemah berupa abu vulkanik dengan tinggi 500 – 600 meter ke arah Tenggara hingga Selatan tadi pagi pukul 06.28 WIT,” kata Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Sora Sirulo.

GamalamaSaat ini, PVMBG terus melaporkan perkembangan erupsi Gunung Gamalama kepada BNPB dan BPBD.

Letusan gunung ini diduga dipicu oleh gempa pada pukul 06.14.12 WIT dimana terekam gempa tektonik 4,6 SR. Menurut BMKG, pusat gempa dari 86 km Barat Daya Halmahera Barat, kedalaman 18Km, 4.6 SR, diikuti dengan tremor menerus dengan amplituda maksimum 1.5 mm.

Guncangan gempa menyebabkan adanya tekanan dalam dapur magma Gunung Gamalama yang selanjutnya pukul 06.28 WIT terjadi erupsi tipe eksplosif lemah berupa hembusan abu berwarna putih kelabu hingga abu-abu dengan tinggi sekitar 500 – 600 meter ke arah Tenggara hingga Selatan.

“Suara gemuruh terdengar tiga kali. Pada waktu 07.09 WIT, 07.12 WIT dan 07.13 WIT. Hembusan abu mulai menurun pada pukul 06.55 WIT,” lanjut Kapusdatin BNPB.




Berdasarkan pengecekan di lapangan oleh petugas BPBD dan PVMBG menunjukkan material abu ditemukan tipis di daerah Ake Huda (sebelah Selatan – Tenggara lereng Gunung Gamalama).

“Saat ini, koordinasi dengan BPBD, otoritas Bandara, Polisi dan TNI di Ternate telah dilakukan. Masyarakat belum perlu mengungsi. Kami himbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap tenang dan tidak termakan isu-isu yang sumbernya bukan dari PVMBG atau Pos Pengamatan Gunungapi Gamalama,” sambung Kapusdatin.

PVMBG sendiri telah menyusun VONA (Volcanic Observatory Notice for Aviation) untuk peringatan sebaran abu vulkanik di udara untuk keselamatan penerbangan telah dibuat dan dikirimkan ke pihak-pihak terkait.

Hingga saat ini tingkat aktivitas Gunungapi Gamalama masih Waspada (Level II).







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.