BPR NBP 15 Adakan “Edukasi & Literasi Keuangan” untuk Anak SD

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. BERASTAGI. Hari ini [Jumat 19/8], BPR NBP 15 kembali mengadakan “Edukasi & Literasi keuangan” di SDN 040446 Jl. Veteran (Kabanjahe). Edukasi dan Literasi keuangan ini bertujuan memberikan pendidikan/ pengajaran tentang lembaga keuangan kepada masyarakat agar lebih memahami peranan dan fungsi perbankan di tengah-tengah masyarakat.

Tim Edukasi BPR NBP 15 kali ini memilih pelajar Sekolah Dasar sebagaj tempat melakukan Edukasi & Literasi keuangan, tepatnya SDN 040446 Jl. Veteran Kabanjahe. Tim menyampaikan materi “Manfaat Menabung Sejak Usia Dini”, untuk memberikan pendidikan kepada para pelajar yang sesuai dengan usianya masih belum begitu memahami fungsi atau peranan Lembaga Keuangan terhadap aspek kehidupan secara pribadi maupun secara umum.

Edukasi ini diikuti sekitar 150 pelajar SDN 040446. Meski dengan kondisi ruangan yang cukup padat, para peserta sangat antusias mengikuti materi demi materi yang disampaikan dari awal acara hingga selesai. Hal ini juga disampaikan oleh Bpk. Juneidi Sembiring selaku kepala sekolah SDN 040446 yang sangat mendukung acara ini.

“Di samping menambah pengetahuan anak-anak didik kami tentunya materi ini juga merupakan materi yang ada kaitannya dengan pelajaran di sekolah. Anak-anak BPR 6 langsung berhadapan dengan para pelaku sektor jasa Lembaga Keuangan dari Bank BPR NBP 15. Dengan begitu, mereka lebih tertarik dan lebih memahami maksud dan tujuan. Kami dari pihak penyelenggara sekolah juga sangat mendukung gerakan Edukasi & Literasi Keuangan yang diadakan oleh Bank Perkreditan Rakyat NBP 15. Ini sangat membantu kami para guru dalam menjelaskan tentang perbankan. Dengan diadakannya acara ini kami berharap anak-anak didik di SDN 040446 termotivasi untuk gemar menabung sejak usia dini sehingga manfaatnya akan mereka rasakan di masa depan mereka nantinya,” jelas Pak Sembiring.

Ibu Verawati Br Karo selaku Pimpinan Cabang BPR NBP 15 mewakili Tim Edukasi & Literasi BPR NBP 15 menjelaskan bahwa acara ini memang sudah menjadi program rutin dalam memberikan pendidikan dan pengajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang keuangan kepada seluruh masyarakat. Ini sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 1/SEOJK.07/2014.

“Ini sudah menjadi program rutin kami,” ujarnya.

Di tempat terpisah Direktur Utama BPR NBP 15 Bpk. Bismar Manik menambahkan, BPR 7tahun-tahun sebelumnya Tim Edukasi & Literasi keuangan BPR NBP 15 sudah fokus memberikan Pendidikan (Edukasi) dalam rangka meningkatkan Pemahaman (Literasi) kepada masyarakat umum yaitu kelompok-kelompok tani dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya di wilayah pelayanan BPR NBP 15 yaitu Berastagi, Kabanjahe, Tigapanah, Merek, Tigabinanga dan Laubaleng sekitarnya.

Pak Bismar Manik lebih lanjut menuturkan, tahun 2016 ini diprogramkan untuk fokus ke sekolah-sekolah mulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA.




“Sudah banyak sekolah yang kita lakukan untuk acara Edukasi & Literasi keuangan. Mmemang masih banyak yang belum sempat kita lakukan karena banyaknya jadwal dan permintaan. Namun, jikapun ada permintaan dari sekolah-sekolah atau kelompok masyarakat yang merasa perlu dilakukan kegiatan seperti ini kami tetap mempersilahkan untuk menghubungi kantor pelayanan kami. Kami akan upayakan secepatnya memenuhi permintaan,” kata Pak Manik.

Dia menuturkan lagi, tahun 2014-2015 banyak desa yang dikunjungi sampai ke pelosok hanya untuk memberikan pendidikan tentang keuangan agar masyarakat luas lebih memahami tentang lembaga keuangan ini. Bahkan, untuk kelompok tani, sekaligus didampingi oleh penyuluh pertanian agar sekaligus menambah pengetahuan para petani dalam mengelola usaha pertanian mereka.

“Dengan selesainya acara ini kami selaku Menejemen BPR.NBP 15 sangat berterimakasih kepada bapak kepala sekolah dan guru-guru SDN 040446 yang setia mendampingi Tim Edukasi kami dalam mengatur jadwal, ruangan dan sebagainya sehingga acara ini terlaksana dengan baik. Semoga acara ini bermanfaat bagi para pelajar kita ini,” ujar Pak Manik.




Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: