Sirulo TV: Hujan Debu Campur Pasir di Berastagi

natanael milalaNATANAEL MILALA. BERASTAGI. Warga di sekitar Gunung Sinabung saat ini benar-benar memprihatinkan. Gunung Sinabung tidak henti-hentinya mengalami erupsi. Hari ini [Jumat 26/8], gunung ini menyemburkan abu vulkanik bercampur pasir dan juga mengeluarkan guguran lava.

Keadaan ini benar benar membuat aktifitas warga terganggu seperti pengakuan Julkarya Surbakti, warga Desa Cinta Rakyat (Kecamatan Merdeka).

debu vulkanik 4“Saat ini, pandangan mata hanya sekitar 10 meter karena tertutup kabut. Tanaman banyak yang rusak karena tertutup abu vulkanik. Pohon jeruk ini pun membengkok rendah bukan karena buahnya banyak, tapi karena tebalnya abu vulkanik,” kata Julkarya berujar sedih.

“Kalau setelah erupsi langsung hujan deras, abu kan bisa terbawa jatuh. Ini hujannya hanya rintik tipis. Ya, jadi semakin lengketlah abunya,” tambah Julkarya lagi.

Hal senada juga disampaikan Deo Ginting (Warga Desa Merdeka).

“Tiga hari yang lalu kami menanam wortel. Bagaimana mau tumbuh wortelnya kalau seperti adukan semen dan pasir tebalnya abu itu menjadi lumpur,” sambungnya sedih.

Sementara itu, Nande Caca beru Sembiring (warga Gonggsol) mengeluh soal jemuran kainnya yang sudah 4 hari tidak kering karena selalu terkena abu vulkanik.

Saat berita ini diturunkan (Pukul 13.36), cuaca dingin berkabut dan angin kencang terjadi di Berastagi dan sekitarnya.









Author: Jebta B Sitepu

Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: