Kolom Darwono Tuan Guru: HIDUPKAN GANEFO SEBAGAI JANGKAR PRESTASI

Darwono Tuan GuruGame of New Force, Ganefo, event pertandingan dan lomba yang digagas oleh presiden Soekarno, diselenggarakan di Jakarta tahun 1963, dapat dihidupkan kembali sebagai jangkar peningkatan prestasi olahraga kita dalam kegiatan olahraga multi event yang diselenggaraksn di Tanah Air.

Fakta menunjukan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk tergolong 4 besar dunia, keterlibatan Indonesia dari olimpiade ke olimpiade tergolong minoritas. Hal ini tekait dengan kemampuan atlet-atlet kita tembus kualifikasi merebut tiket bertanding di olimpiade.

Ganefo 2Indonesia sebagai negara besar tetapi menjadi minoritas di olimpiade. Emas satu-satunya yang diperoleh oleh Tantowi Ahmad dan Lulyana Natsir tidak melebihi 1 emas yang diperoleh negara kota, Singapura melalui perenangnya.

Penyelenggaraan multi event Ganefo, atau nama lain, ditopang oleh seluruh propinsi dalam penyelenggaraannya, dengan GBK Senayan digunakan untuk pembukaan dan penutupan serta beberapa event khusus seperti sepakbola dan atau atletik. Jika satu propinsi diamanahi menyelenggarakan cabang, maka paling tidak dapat diselenggarakan 34 cabang olahraga.

Pembagian cabang untuk tiap propinsi dipertimbangkan sesuai potensi propinsi terkait dengan venue yang ada. Sebagai misal dayung di Danau Toba, layar di Bali, diving di Raja Ampat, bulutangkis di Jateng, angkat besi dj lampunng, dll.

Ganefo 3Dengan demikian event Ganefo dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata empat tahunan (1 tahun sebelum olimpiade). Yang sudah barang tentu akan meningkatkan pendapatan daerah. Sehingga, bukan hanya prestasi olah aga yang akan terdongkrak, tetapi juga kesejahteraan masyarakat.








Share This Post On
468 ad

1 Comment

  1. Bagus sekali usul Ganefo ini. Terlebih sekarang PBB sudah terlihat sangat berpihak dibawah kendali negara-negara besar dan finans besar. Soekarno mendirikan Ganefo juga dalam rangka menggiatkan negara-negara Nefo dalam semua keaktifan, olah raga maupun ekonomi.

    MUG

    Post a Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: