60 Tahun YPK GBKP Masehi Berastagi, Bangkitnya Sekolah GBKP

B. KurniaB. KURNIA P.P. BERASTAGI. Perayaan HUT ke 60 Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) GBKP Berastagi atau dikenal sebagai Sekolah Masehi GBKP menjadi sebuah momen untuk membangkitkan kembali sekolah-sekolah GBKP dalam pelayanan mencerdaskan anak bangsa yang takut akan Tuhan. Secara khusus, Sekolah Masehi Berastagi telah menunjukkan prestasinya dengan jumlah siswa terbanyak masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Demikian dikatakan oleh Ketua Umum Moderamen GBKP, Pdt. Agustinus Purba STh MA dalam khotbahnya pada acara ibadah kebaktian HUT ke 60 Sekolah Masehi di hadapan ratusan para tamu dan undanggan, para pemerhati serta donatur sekolah Masehi GBKP di Hall Hotel Mikie Holiday (Berastagi) [Senin 29/8].

Menurut Pdt. Agustinus, missi Yesus yang dibawa missionaris kepada orang Karo tidak hanya dalam bidang keimanan, tapi juga pendidikan dan kesehatan termasuk karya nyata bidang pertukangan kayu dan pertanian.

ypk masehi
Ketua YPK GBKP Masehi Berastagi Pt. Em. Sem Athonius Meliala BSc memberika kue ulang tahun kepada Ketua Umum Moderamen GBKP (3 dari kanan) didampingi Kepala Sekolah pertama Pt Em. Y. Sinuraya dan Ketua YPK GBKP Pusat Dk. Aswan Sembiring MSi.

“Yesus mengajarkan orang untuk beriman, berilmu, berkarya dan menjadi berkat yang sempurna. Sub thema dalam perayaan ini diharapkan agar YPK GBKP Berastagi menjadi berkat bagi masyarakat dalam bidang pendidikan dan berkarya meningkatkan prestasi. Untuk itu, tingkatkan kualitas pendidikan sekolah kita agar benar-benar sekolah Masehi GBKP menjadi berkat bagi semua orang.” kata Ketua Moderamen GBKP ini

Sementara itu, Ketua Panitia Pt. Riandy Sinuhaji SPd menyampaikan bahwa persiapan kegiatan ini sangat singkat namun menyuguhkan yang terbaik. Acara juga dikemas dengan tarian siswa SD, SMP, SMA. Penyerahan bingkisan kepada Kepala SMP Masehi pertama J. Sinuraya.

Kegiatan lainnya juga dilakukan aksi berbagi kasih ke Panti Asuhan GBKP Suka Makmur dan Alpa Omega GBKP serta juga acara lucky draw menambah keceriaan tamu dan undangan serta pemberian piagam penghargaan kepada guru dan pegawai yang sudah mengabdi selama 20 tahun.

Ketua YPK GBKP Masehi Berastagi Pt. Em. Sem Athonius Meliala BSc mewakili pengurus dan kepala sekolah dalam kata sambutannya mengatakan, perayaan HUT ke 60 Masehi merupakan sejarah baru. Dalam kurun waktu 4 tahun ini ada berbagai hal yang sangat menggembirakan seperti banyaknya siswa mendaftar ke Masehi hingga melebihi daya tampung. Sesuai data tahun 2012 jumlah siswa sebanyak 1.361 orang namun tahun ini menjadi 1.902 orang. Sementara di tahun 2016, banyaknya tamatan Masehi masuk ke Sekolah Negeri, secara khusus tamatan SMA Masehi Berastagi paling banyak masuk perguruan tinggi negeri, jalur undangan 82 Siswa dan jalur tulisan 30 Siswa.




“Semuanya dapat dicapai dengan kesadaran berbagai pihak dalam satu komitmen, yakni melaksanakan sekolah ini dengan manajemen profesional dilandasi iman percaya kepada Tuhan yang kuat tanpa menganggap sepele satu dengan yang lainnya dalam tindakan maupun perbuatan,” ujarnya.

Seiring dengan keadaan itu, pihak sekolah terus berbenah dengan pembangunan 16 ruang belajar, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang Laboratorium serta 2 bus Sekolah. Total dana yang telah dikucurkan sebanyak Rp 3,4 M, termasuk Rp. 800 Juta bantuan pemerintah. Termasuk kenaikan kesejahteraan guru dan pegawai mencapai 10% – 13%.

Sem Anthonius Sembiring mengingatkan, prestasi ini adalah berkat Tuhan yang dijalankan oleh guru dan staf sekolah, pengurus yayasan sampai petugas jaga malam dan petugas kebersihan sekolah serta siswa yang kesemuanya satu kesatuan yang tak terpisahkan untuk menjaga nama baik dan marwah sekolah.




“Jangan lantas berpuas diri, jangan lengah, jangan lalai tapi tetap bekerja keras, tetap fokus pada pelayanan yang hakiki menjadi saluran berkat dan memenangkan jiwa serta berdampak bagi bangsa Indonesia. Karena kapan saja bisa datang tantangan dan masalah namun kita harus waspada dan tetap bersatu padu terutama dalam doa dan takut akan Tuhan Yang Maha Kuasa,” sambung Sem.

Acara HUT ke 60 Sekolah GBKP Masehi dihadiri Ketua YPK GBKP Pusat Dk. Aswan Sembiring MSi, Pengurus YPK GBKP cabang Simpang VI Kabanjahe, Pt. Em. Idaman Purba, Pt. Edison Sembiring SPd, Pt. Kris Meliala, Herlina Br Tarigan SPd, Sabaria Br Barus SPd, Dra. Keriahen Sinuhaji, pegawai SD, SMP, SMA Masehi, Pertua/ Diaken dan siswa-siswi.

Adapun Panitia Perayaan HUT ini adalah sebagai berikut :

Ketua Pt. Riandy Sinuhaji SPd. Wakil Ketua Jupiter Perangin-angin SH SPd.
Sekretaris Rosmita Kemit SH, Wakil Sekretaris Pemina Br Sembiring SS, SPd.
Bendahara Drs. Rajin Ginting. Wakil Bendahara Juni Br Sinulingga SE dan lainnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.