Kolom Herlina Surbakti: KETERAMPILAN ABAD 21 (Bagian 1)


Bahasa Ibu

herlina 3Banyak orangtua dari generasi muda Indonesia yang salah kaprah tentang pendidikan bahasa yang harus dipergunakan oleh anak-anaknya di rumah. Yang langsung penulis lihat sendiri adalah orangtua kaya yang ada di sekolah Internasional. Mereka cenderung memaksakan anak-anak mereka berbahasa Inggris. Tentu saja si anak akan meniru ibunya termasuk kesalahan-kesalahannya. Kesalahan semacam ini akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, disarankanlah agar orangtua memakai bahasa ibu kepada anak-anaknya. Juga untuk memastikan supaya anak-anak tidak kehilangan nilai-nilai budayanya karena untuk bisa sukses dalam era globalisasi ini si anak harus mempunyai akar budaya yang kuat.

Di dalam hal ini, anak-anak generasi muda Karo haruslah mengetahui siapa dirinya sebelum bergabung dengan pekerja-pekerja nasional maupun pekerja internasional. Di samping itu, mereka juga harus diajarkan keterampilan-keterampilan abad ke 21. Pada abad ini mendapatkan sebuah pekerjaan dengan praktek KKN sudah tidak zamannya lagi. Sekarang si anak disamping bisa berbahasa Inggris dengan baik mereka juga harus menguasai Keterampilan abad ke 21 (BERSAMBUNG).








Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: