Pengungsi Sinabung Demo PDI-P Karo

Jhon Rockypengungsi 30JHON ROCKY. KABANJAHE. Masyarakat Pengungsi dari 4 desa (Berastepu, Gurukinayan, Gamber, Kutatonggal) kemarin siang [Selasa 6/9] melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor DPC PDI-P Kabupaten Karo. Seratusan massa melakukan unjuk rasa mulai dari Kantor DPRD Kabupaten Karo, kemudian ke Mapolres Karo serta terakhir ke Kantor DPC PDI-P Kabupaten Karo.

Mereka menuntut penegakan hukum terkait Laporan Pengungsi beberapa waktu silam yang sampai saat ini belum ditindaklanjuti oleh pihak Kepolisian Resort Karo.

pengungsi 32Seperti diketahui, penolakan Relokasi Mandiri di eks BTN Lingga berbuntut bentrokan bahkan mengambil korban jiwa. Menurut salah satu pengungsi Jemput Meliala (45) ketika diwawancarai oleh Sora Sirulo, aksi ini mereka lakukan untuk menanyakan kejelasan Laporan mereka kepada pihak Polres Karo yang sampai saat ini belum jelas.

Lebih lanjut Jemput menuturkan, mereka membuat laporan ke pihak Polres Karo terkait pelemparan terhadap mereka di simpang Desa Lingga sehingga kenderaan yang ditumpangi pengungsi rusak dan beberapa pengungsi terluka. Selain itu, mereka juga mendapat intimidasi dan perusakan dilakukan terhadap rumah pengungsi di Lahan eks BTN beberapa waktu lalu.

“Kami telah membuat Laporan mengenai kejadian itu pada malam itu juga ke Polres tapi sudah sampai sebulan lebih para pelaku belum juga ditangkap. Ada apa ini?” kata Jemput.




Ketika Sora Sirulo menanyakan kaitannya dengan PDI-P Cabang Kabupaten Karo, Jemput mengatakan, ini karena mereka menduga ada keterlibatan oknum kader PDI-P yang juga anggota DPRD Kabupaten Karo dari Dapem II yang ikut menjadi provokator penolakan Relokasi Mandiri Pengungsi di Desa Lingga.

“Kami sangat kecewa dengan keterlibatan oknum tersebut. Dia itu duduk jadi anggota dewan karena kami. Mengapa oknum tersebut menolak kami?” katanya mengakhiri.

pengungsi 33Menurut pantauan Sora Sirulo, seratusan massa yang mendatangi Kantor DPC PDI-P itu melakukan orasi dengan tertib dan diterima oleh pengurus DPC PDI-P antara lain Ikuten Sitepu, Masdin dan Malem Jenda Singarimbun. Dalam orasinya, masyarakat pengungsi meminta kepada Pengurus PDI-P Kabupaten Karo agar segera mengusut keterlibatan kadernya dalam kasus Relokasi Pengungsi tersebut. Pengungsi juga menuntut agar tim pencari fakta masalah tragedi Lingga yang telah dibentuk oleh pihak DPC PDI-P Karo agar bekerja sungguh-sungguh demi kejayaan PDI-P ke depannya. Pengungsi mengancam akan melakukan aksi ke Kantor DPP PDI-P di Jakarta kalau tuntutan nereka tidak segera ditindaklanjuti.

Menanggapi penyataan pengungsi, Malem Jenda Singarimbun yang juga Sekretaris DPC PDI-P Kabupaten Karo mengatakan Tim Pencari Fakta dari partainya telah bekerja dan sedang mengumpulkan bukti-bukti keterlibatan kadernya. Mereka segera menyurati Kapolres Karo agar Kasus tersebut segera dituntaskan.

Setelah mendengar penjelasan dari Pengurus Partai PDI-P Kabupaten Karo akhirnya massa membubarkan diri dengan tertib.








Share This Post On
468 ad

1 Comment

  1. harus didemo polisi dan partai PDIP yang terlibat.
    Jangan diam saja membiarkan kebobrokan dari DPR anggota partai tertentu dalam hal ini PDIP. Jangan membiarkan pejabat pendatang bikin ulah ditanah ulayat Karo. ‘Dimana bumi dipijak disitu langit djunjng’, itulah yang betul. Pendatang-pendatang yang tak tahu diri dan tak mengerti pepatah leluhur itu tidak wellcome di bumi turang. Orang Karo haru tunjukkan kebenaran di tanah ulayatnya, sesuai dengan filsafat hidupnya, apalagi kalau sampai ada yang tewas karena perbuatan polisi. Keterlaluan. Protes keras perlu, keberanian dan boldness ditanah kelahiran sendiri. Semua oramg Karo mendukung sikap pengungsi ini, karena telah jatuh korban tewas dikalangan orang Karo, karena politik adu domba pendatang.

    MUG

    Post a Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: