Getar dan Kbk ITB Beri Pembekalan Kepada Cakades Kabupaten Karo

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. KABANJAHE. Pembekalan kepada Cakades (Calon Kepala Desa) seluruh Kabupaen Karo tahap 1 sukses digelar kemarin [Jumat 16/9] di Aula Kantor Bupati Karo. Pembekalan ini di prakarsai oleh Getar Karo (Gerakan Transparansi Karo) dan KBK ITB.

Menurut Ketua Getar Karo (Daut Tarigan SPt), tujuan pembekalan ini adalah agar para calon kepala desa memiliki skala prioritas termasuk dalam penggunaan Dana Desa yang jumlahnya cukup besar. Dengan begitu, dana desa bisa diserap dan dipergunakan untuk membangun desa sehingga menyentuh langsung kesejahteraan warga desa masing-masing.

“Diharapkan kepala desa yang terpilih nanti agar lebih bijak dan transparan dalam penggunaan Dana Desa,” kata Daut Tarigan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua KBK ITB (Arya Sinulingga).

pembekalan“Tujuan pembekalan ini adalah memaksimalkan penggunaan Dana Desa semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat desa. Cakades yang tidak terpilih juga sudah bisa mengawasi penggunaan Dana Desa di desanya masing-masing agar tidak ada lagi saling curiga dan semuanya transparan,” jelas Arya Sinulingga dalam pemaparan materi di pembelalan Cakades itu.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Karo (Terkelin Brahmana), Kapolres Karo (AKBP Rio Nababan), Dandim 0205 (Letkol Agustatius Sitepu), Ketua Moderamen GBKP (Pdt. Agustinus Purba), Pikep Katolik (Pastor Ignasius Simbolon), tokoh masyarakat Karo Muslim Indonesia (MAKAMULIA), dan Ust. Samadin Tarigan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara Pembekalan Cakades yang diselenggarakan oleh Getar Karo dan KBK ITB ini. Pdt. Masada Sinukaban MTh salah satu pendiri Getar Karo juga tidak menyangka antusias masyarakat terhadap acara tersebut melihat peserta dan masyarakat yang membludak menghadiri acara.

Menurut Junita br Milala selaku Sekretaris Getar, pembekalan tahap 1 ini dihadiri lebih kurang 400 orang Cakades dari 9 kecamatan di Kabupaten Karo; Kabanjahe, Berastagi, Tigapanah, Barus Jahe, Dolat Rakyat, Merdeka, Naman Teran dan Simpang Empat.




Pembekalan Cakades tahap 2 untuk kecamatan-kecamatan lainnya dijadwalkan dilaksanakan 2 minggu ke depan. Semua Cakades di seluruh Kabupaten Karo akan mendapatkan pembekalan yang sama dan GETAR bekerjasama dengan KBK ITB akan mengupayakan narasumber-narasumber yang bisa memberikan bekal pengetahuan kepada Cakades dalam pelaksanaan pembangunan di desanya termasuk pengembangan pertanian dan peternakan. Dengan begitu diharapkan akan ada gambaran program pembangunan desanya jika terpilih nantinya.

cropped-promo.jpgPara Cakades yang ikut dalam pembekalan ini sangat berterimakasih kepada penyelenggara yang telah mengadakan acara. Dengan pembekalan ini para Cakades semakin jelas fungsi dan peranannya sebagai kepala desa nantinya.

Daut Tarigan selaku Ketua Getar Karo juga sangat berterima kasih kepada semua Tim GETAR yang sudah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pembekalan Cakades ini mulai dari perencanaan sampai selesainya acara.

“Tim GETAR dan KBK ITB serta RBE (Relawan Batukarang Ermediate) telah banyak mengorbankan waktu, pikiran dan bahkan materi sehingga acara ini terlaksana dengan baik. Kami sadar masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan acara yang baru pertama sekali diadakan ini. Semoga ke depannya kami bisa lebih meningkatkan dan menyempurnakannya, ini semua adalah demi kemajuan Kabupaten Karo tercinta sebagai bagian Taneh Karo Simalem,” tutup Daut Tarigan.




Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: