Satpol PP Karo Jaring 93 pelajar dalam Razia 2 Hari

B. KurniaB. KURNIA P.P. KABANJAHE. Razia Satpol PP Kabupaten Karo selalu membuahkan hasil. Dalam kurun waktu 2 hari ini, tidak tanggung-tanggung berhasil merazia pelajar yang bolos. Pada razia 3 hari lalu [Selasa 20/9], petugas Satpol PP berhasil merazia 76 pelajar bolos dari sekitaran Kota Kabanjahe dan Berastagi. Pada razia ke dua kemarin [Kamis 22/9], Razia Kasih Sayang ini menjaring pelajar bolos dari berbagai tempat mangkal yang didominasi warung internet, kede kopi, meja billiard dan objek wisata.

“Untuk semuanya, diberikan pembinaan singkat secara fisik dan etika moral serta memanggil para guru/ kepala sekolah, orangtua siswa serta Dinas Pendidikan Kabupaten Karo sebagai instansi berwenang. Mereka juga diharuskan membuat surat pernyataan tidak melakukan perbuatan buruk ini lagi sebelum dipulangkan,” papar Kasat Pol PP Kabupaten Karo (Lenardo Bastian Girsang) didampingi Kasi Operasi Delta Amson Tarigan serta Danru Robby Tarigan kepada sejumlah wartawan kemarin [Kamis 22/9].

razia-pelajar

Para pelajar yang kena razia saat diberikan pembinaan di halaman Kantor Satpol PP Karo, disaksikan guru, kepala sekolah dan orangtua siswa.

Kasat Pol PP mengaku dengan tulus dan iklas melaksanakan tugas tupoksi ini dalam mendukung kinerja Bupati dan Wakil Bupati Karo dalam penegakan Perda dan mengantisipasi kenakalan remaja sebagai generasi penerus bangsa. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh satuan kerjanya. Pada kesempatan ini, pihaknya mengajak dan menghimbau agar seluruh elemen masyarakat Karo khususnya instansi terkait agar memahami tugas dan tanggungjawab masing-masing. Termasuk para guru dan orangtua siswa, agar anak-anak didik kita tidak bolos sekolah.



Pantauan wartawan, selama kurun waktu 2 hari Razia Kasih Sayang pihak Satpol PP Karo berhasil menjaring 93 pelajar dari tingkat SMP dan SLTA. Kebanyakan berasal dari SMK Negeri 1 Merdeka (STM), disusul SMK Negeri 1 (SMIK) Berastagi, SMK Pijerpodi Berastagi, SMP/ SMA Methodis, SMP/ SMA Masehi GBKP Berastagi, SMP Trinity GSJA Berastagi, SMP Negeri 2 Berastagi, SMP Bersama Berastagi, SMP Alwasliyah, SMP Negeri 3 Berastagi, SMA Negeri 1 Berastagi, SMK/ SMA Imanuel Kabanjahe, SMA Negeri 1 Tigapanah, SMP Swasta Katolik Maria Goretti Kabanjahe, dan SMA Rakyat Pancurbatu di objek wisata Gundaling Berastagi.




Share This Post On
468 ad

1 Comment

  1. Bagus sekali ini tindakan Satpol Karo menjaring siswa bolos dan ditunjukkan dihadapan guru dan orang tua siswa.
    Dengan melibatkan orang tua dan guru-gurunya dan secara terbuka mengkedepankan persoalan ini dihadapan semua rakyat Karo, tentu ada nanti perubahan yang positif.

    Dengan pembolosan yang berulang-ulang tanpa ada tindakan pencegahan dan tanpa perhatian dari pihak guru dan orang tua, lama-lama akan dibawa ke narkoba, judi dan pelacuran. Dan kalau sudah sejauh itu sudah terlambat untuk memperbaikinya. Yang mungkin hanya tinggal cara Filipina, ‘surrender or die’. Jangan sampai ditunggu kesana.

    Satpol, guru, orang tua setiap saat harus mempertinggi kewaspadaannya demi masa depan Karo itu dan dengan sendirinya juga masa depan negeri ini.
    MUG

    Post a Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: