Pameran Lukisan Indonesia di Moscow

lukisan-1

LORETA KARO SEKALI. MOSCOW. Museum Negeri Oriental Art Moscow baru-baru menampilkan beberapa lukisan asal Indonesia melalui sebuah pameran berthema ‘Hidup Baru Kesenian Indonesia’.

Pameran ini diadakan untuk merayakan Tahun Budaya ASEAN-Russia’.

Sebagaimana diberitakan oleh media online RUSSIA BEYOND THE HEADLINES, ada beberapa lukisan lama asal Indonesia yang berhasil direstorasi dengan sukses. Lukisan-lukisan itu adalah koleksi dari Vilen Sikorsky dan Natalya Chevtaykina. Masing-masing dari keduanya bekerja di Rumah Budaya Sovyet pada tahun 1964-65 di Jakarta dan Surabaya.

Ketika peristiwa G30S 1965 terjadi di Indonesia,  Sikorsky and Checkvetaykina meninggalkan Indonesia dan membawa beberapa lukisan unik karya para pelukis Indonesia seperti Rustamadji, Pekik, dan Tarmizi.




Menurut kurator museum ini (Galina Sorokina), sebagian besar lukisan-lukisan Indonesia dari tahun 1950an bersal dari sekolah beraliran sosial realisme.

“Aliran ini mengekspresikan dimensi sosial karya mereka yang menggambarkan hidup di daerah pinggiran beserta tantangan hidup yang mereka hadapi,” terang Galina Sorokina.

Pameran ini masih akan berlangsung hingga pertengahan Oktober 2016. Untuk foto-foto lukisan yang lebih lengkap klik di SINI.




Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: