Kegempaan Sinabung Kembali Meningkat

Ngguntur PurbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas kegempaan Gunungapi Sinabung kemari [Jumat 7/10: Pagi hingga Sore] kembali mengalami peningkatan. Ini menunjukan pertumbuhan kubah lava kembali terjadi.

Menurut pengamatan petugas Pos Pemantauan Sinabung, saat ini, pertumbuhan kubah lava sudah mencapai 1 juta kubik menumpung di puncak Sinabung.

sinabung-35Setelah beberapa hari tidak teramati secara visual, kemarin sedari pagi hinggha siang Gunung Sinabung teramati dengan jelas. Terlihat asap putih tebal keluar dari kawah gunung teraktif di Pulau Sumatera  ini. Selain itu, terlihat jelas pertumbuhan kubah lava masih terus berlangsung.

Petugas Pos Pemantauan Gunungapi Sinabung di pos pemantauannya di Kecamatan Simpang Empat mengamati adanya peningkatan kegempaan pada gunung ini. Kegempaaan ini masih bisa memicu terjadinya erupsi besar pada Gunung Sinabung.

Sinabung kembali mengalami  erupsi beberapa hari lalu, namun tidak teramati karena Sinabung tidak bisa terpantau secara visual. Namun terpantau suplay magma masih terus terjadi mengingat kegempaan low frequence dan kegempaan hybrid masih teramati saat ini.

Tingginya tingkat kegempaan saat ini menujukan potensi erupsi masih bisa terjadi kembali. Pihak pos pemantauan Sinabung menghimbau agar warga jangan memasuki Zona Merah Sinabung yang sudah direkomendasikan pihak PVMBG.




Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: