Tentang Dugaan Pungli Benih Jagung di Kabupaten Karo (Bagian 2)

bibit-jagung-6

Kunjungan Tim Inspektorat ke Desa Gunung (Kecamatan Tigabinanga).




rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. KABANJAHE. Pada kesempatan terpisah, Sora Sirulo mencoba mengkonfirmasi via ponselnya John Albertson Sinaga. Dia kemudian menjelaskan kepada sora Sirulo bahwa dia menyayangkan terjadinya praktek Pungli tersebut.

Menurutnya, akar utama Pungli ini adalah akibat adanya aturan yang kurang tegas dan kurang jelas dibuat oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan pihak pemasok.

bibit-jagung-7

Tim Inspektorat di Desa Barus Jahe sedang berbincang-bincang dengan beberapa petani.

“Ketentuan dalam kontrak tersebut tertulis tentang Transportasi: Barang harus diangkut sampai dengan Tempat Tujuan Akhir sesuai dengan Lokasi CPCL. Sementara pada aturan Serah Terima tertulis: Barang didistribusikan ke Kelompok Tani di satu titik bagi yaitu di Kecamatan. Kelompok Tani tersebut berada pada setiap kabupaten/ kota (CPCL terlampir). Sementara pada lembar Daftar Kuantitas dan Harga jelas dituliskan keterangan: Harga kontrak sudah termasuk ongkos kirim ke titik bagi kelompok tani. Hal ini membuat terjadinya berbagai persepsi yang berbeda. Seperti yang terjadi di Desa Gunung (Kecamatan Tigabinanga) dan di desa-desa lainnya di Kabupaten Karo,” tutur Sinaga.

Hal senada diungkapkan oleh Medi Juna Sembiring, petani dari Kecamatan Berastagi. Dia juga menyayangkan adanya kutipan kepada petani dalam menerima bantuan bibit jagung. Menurut Medi, seharusnya yang dikatakan bantuan pemerintah kepada petani tidak lagi membebani petani untuk memberi bayaran, seperti halnya biaya transportasi, biaya jaga malam dan biaya bongkar muat hingga sampai ke tangan petani penanam.




“Terlebih lagi, selama 6 tahun bencana erupsi Sinabung, petani terdampak yang mencapai 60 ribu jiwa lebih dari 7 kecamatan Kabupaten Karo, tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah,” tutur Medi kepada Sora Sirulo.

Medi juga berharap, agar Tim Investigasi Kementan ini tidak hanya sebatas penyelidikan dugaan Pungli saja.

“Tim Investigasi perlu untuk juga melakukan penelusuran,” katanya (Bersambung)







Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: