Longsor di 12 Titik, Jalan Biru-biru ke Sibolangit Lumpuh Total

longsor




imanuel sitepu 3IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Hujan deras yang mengguyur bagian hulu Kabupaten Deliserdang [Selasa 25/10: Malam], membuat akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Biru-biru menuju Desa Bandarbaru (Kecamatan Sibolangit) lumpuh total akibat tertimbun longsor.


Informasi diperoleh Sora Sirulo di lapangan [Rabu 26/10] menyebutkan, setidaknya ada 12 titik longsoran yang menutupi badan jalan. Longsoran paling parah terdapat di Desa Penen dan Desa Mardingding Julu (Kecamatan Biru-biru).

Akibat kejadian, aliran listrik yang menerangi beberapa desa seperti Dusun Pamah, Dusun Pernangen Desa Penungkiren Kecamatan STM Hilir serta Dusun Mardingding Jahe, Pagar Batu, Lau Deleng, Desa Mardingding Julu (Kecamatan Biru-biru) ikut padam akibat beberapa batang kayu ikut tumbang menimpa kabel listrik.

Bukan hanya membuat aliran listrik yang menuju desa-desa itu padam, puluhan pelajar berdomisili di sejumlah desa tehalang ke sekolah di Desa Penen dan Desa Periaria. Mereka terpaksa tidak bisa bersekolah karena akses jalan telah tertutup total oleh gundukan tanah dan kayu. Akses jalan tidak hanya sulit dilalui dengan menggunakan roda empat, namun juga sukar dilalui oleh kenderaan roda dua.

Menurut Amit Barus (43) salah satu warga Desa Penen kepada Sora Sirulo, intensitas hujan cukup tinggi disertai angin kencang hingga mengakibatkan longsor terjadi dari 19.00 wib hingga 22.00 wib.

“Hujan turun cukup deras. Bahkan tanggul kolam ikan milik warga banyak yang rusak,” kata Barus yang juga diamini warga lainya.




Kepala Desa Penen, Jhon Wesly Sitepu ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian.

“Di desa penen, setidaknya ada sekira 6 titik longsor cukup parah. Sehingga tidak dapat diperbaiki dengan tenaga manusia. Untuk mensterilkan gundukan tanah dan kayu yang menghalangi badan jalan, terpaksa diturunkan alat berat. Kita sudah memberitahukan kepada pihak kecamatan terkait adanya longsor ini,” katanya.

Sementara menurut Camat Biru-biru Darwis Sianipar saat diwawancarai melalui selularnya, saat ini ia bersama Dinas PU Deliserdang sedang berada di lokasi longsor.

“Alat berat akan kita turunkan untuk mensterilkan badan jalan. Saat ini sudah berada di perjalanan menuju lokasi,” sebutnya.








Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: