Kolom W. Wisnu Aji: TIMNAS DAN SEMANGAT KEBANGSAAN





Momen pertandingan final AFF memang sudah dinanti semua pihak. Timnas kita yang awalnya diragukan, tapi daya juangnya serta mentalitas membela bangsa telah mengantarkan Timnas ini ke final. Publik sangat menunggu perjuangan Timnas bertarung habis-habisan memenangkan pertarungan. Timnas adalah representasi/ simbol semangat kebangsaan di tengah kondisi bangsa yang tengah terpolarisasi oleh isu intoleransi dan penistaan agama.

Ketika melihat langkah perjuangan Timnas kita masuk final membawa nama harum bangsa. Kondisi bangsa yang awalnya terbelah belah menyatu energinya untuk mendukung Timnas sebagai semangat kebangsaan dan nasionalisme kita.

Bahkan, ketika pertandingan final diadakan di negeri ini, seolah semua orang berbondong-bondong penasaran ingin menonton secara langsung laga Timnas memperjuangkan kebanggaan bangsa. Bahkan tidak ada perdebatan lagi pemetaan jumlah massa seperti pro kontra sebulan lalu. Tidak ada lagi justifikasi massa 212 dengan jumlahnya dan parade kebangsaan dengan jumlah massanya. Semuanya bersatu mendukung Timnas beraksi di laga final AFF.

Energi Timnas seolah mampu menyedot lebih banyak perhatian publik seantero negeri ini. Bahkan, kalau boleh mengklaim, kalau berkaitan dengan mendukung Timnas, bukan lagi ratusan ribu atau jutaan tapi ratusan juta fokus mendukung perjuangan Timnas memenangkan pertandingan. Bahkan, ketika ada acara nonton bareng Timnas bersama Bibieb Rizieq dan Ahok, pasti ketika para pendukung Bibieb Rizieq dan Ahok ikutan nimbrung dalam nonton bareng tersebut.

Di saat momen sebelum Timnas mulai, pastilah hiruk pikuknya soal eksistensi masing-masing kubu demi mendukung Bibieb Rizieq dan mendukung Ahok. Namun, di saat momen Timnas sudah mulai berlaga, seolah semua pasti tersihir nilai-nilai nasionalisme negeri ini. Semua tertuju pada permainan Timnas dengan daya juangnya membela kebanggaan bangsa.

Seandainya saat momen nonton bareng bersama Bibieb Rizieq dan Ahok, ketika Timnas mampu menggolkan dan di saat itu mereka bersorak-sorai serta berpelukan merayakan gol Timnas, betapa gemparnya dunia media sosial dengan ekspresi meme kreatifnya.

Namun, itu hanyalah bayangan liar saja. Sesungguhnya, suatu hal yang pasti adalah ketika rakyat negeri ini sudah ngomong perjuangan nasionalisme kebangsaan, semua energi akan menyatu dari berbagai keberagaman yang ada di negeri ini.

Untuk itu, marilah momentum pertempuran Timnas di final AFF dapat dijadikan sarana untuk menyatukan energi bangsa, sehingga mampu kembali menata ulang tujuan kebangsaan kita dengan memanfaatkan potensi keberagaman.




Timnas merupakan representasi potensi keberagaman kita yang mampu disatukan dalam kerangka perjuangan visi kebangsaan. Andaikan timnas dengan masing-masing pemainnya merasa lebih eksis dibanding yang lain, merasa punya kemampuan lebih dibanding yang lain, atau merasa lebih menguasai dibanding yang lain, maka langkah tujuan meraih kemenangan untuk kebanggaan negeri tidak bakal tercapai.

Timnas representasi kerja bersama dalam upaya mewujudkan yang terbaik untuk negeri. Kalau kita tidak kompak maka semangat visi kebangsaan akan goyah. Untuk itu, mari bersama memanfaatkan momentum Timnas sebagai rumusan kerangka bersatu membangun negeri dengan segala potensi keberagamannya.

Mari nonton dan dukung Timnas memenangkan final AFF. Saatnya kita bergemuruh bersama melalui energi Timnas membangun semangat kebangsaan yang tak terputus….

BRAVO TIMNAS 2 : 1 untuk kemenangan Timnas kita chayooo

#SalamPencerahan

Dipublikasikan oleh :
CENTER STUDY REPUBLIC ENLIGHTMENT FOR PROGESSIF MOVEMENT (CS REFORM)





Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: