Beli Mobil Baru, Sembiring Ditipu Sales Suzuki

IMANUEL SITEPU. DELITUA. Jika anda mau beli mobil baru, sebaiknya hati-hati. Jika tidak, nasib anda bisa sama dengan Dermawan Sembiring (35), warga Jl. Nogio Kelurahan Delitua Timur (Kecamatan Delitua). Pasalnya, gegara tertarik dengan promo kredit mobil murah, Sembiring justru tertipu hingga Rp 5,8 juta lebih.


Cerita Dermawan Sembiring saat ditemui [Minggu 18/12: Siang], penipuan yang dialaminya berawal ketika salah satu sales Mobil Suzuki bernama Reza (28) warga Jl. Karya Wisata (Medan Johor) menemui pedagang kain ini. Saast itu, Dermawan sedang berjualan bersama istrinya di Pasar Delitua. Pelaku menawarkan promo mobil Suzuki murah dalam menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Reza menawarkan mobil Suzuki carry pick up kepada saya dengan DP Rp 6 Juta. Aku bilang, pikir-pikir dulu,” kata Dermawan Sembiring.

Lantas, beberapa hari kemudian, Reza kembali menghubungi korban terkait tawaran DP Rp 6 juta yang diajukan sebelumnya. Tertarik dengan bujuk rayu Reza, korban pun akhirnya menyuruh Reza datang menjemput berkas ke rumahnya [Senin 7/11: sekira 10.30 wib],

“Waktu itu yang datang ke rumah saya bukan hanya Reza. Tetapi bersama 2 temannya Nimrut Siregar dan Fuad. Begitu saya menyodorkan persyaratan yang diminta, Reza lantas meminjam uang saya Rp 1 juta dengan alasan untuk biaya pengurusan berkas,” sebutnya.

Dermawan Sembiring

Ironisnya sambung Sembiring, beberapa hari ditunggu, Reza tidak kunjung menghubungi korban. Kemudian, Sembiring pun menghubungi Reza [Kamis 10/11] . Akan tetapi, kepada Sembiring  pelaku malah berkilah kalau berkas milik korban yang diajukan kepada leasing ditolak. Oleh karena itu, Reza pun meminta kepada korban agar mengambil mobil jenis yang sama dengan DP Rp 11.837.500. Agar Sembiring mau, Reza pun menjanjikan akan mendapat bonus Rp 3.300.000 (cash Back) nantinya dari Uang DP tersebut.

“Karena dibilang Dp Rp 6 juta ditolak leasing, Reza kemudian menawarkan Dp hampir dua kali lipat dari perjanjian sebelumnya kepada saya. Agar saya bisa masuk dalam perangkapnya, saya un dijanjikan uang cash back Rp 3,3 juta”, sambungnya.

Lantaran telah terlanjur memberi Rp 1 juta kepada pelaku yang sebelumnya diminta dalam pengurusan berkas, saya akhirnya menyetujui. Ironisnya lagi, Setibanya di  PT Arista Sukses Abadi (Dealer Mobil Suzuki) di  Jln SM Raja No 18 Medan, begitu Uang DP sebesar Rp 11.837.500 saya serahkan, pelaku Reza tidak memberikan uang cash back sebesar Rp 3.300 000 ribu yang sebelumnya dijanjikan.

“Reza beralasan sedang ada operasi OJK. Ia berjanji akan menyerahkan uang cash back tersebut 5 hari kemudian dengan mendatangi rumah saya,” tambahnya.

Meski waktu yang telah ditentukan telah sampai, Reza ternyata tidak juga memberikannya. Sembiring lalu menghubungi ponsel Reza. Ketika dilakukan komunikasi, Reza malah berkata kalau ia akan menyicil uang tersebut sebesar Rp 1 juta setiap bulan dengan alasan jika uang tersebut telah dipakai oleh ayahnya untuk biaya pesta saudaranya.

“Katanya uangku telah diakai oleh ayahnya untuk keperluan pesta keluarganya. Ia berjanji akan menyicil uang saya,” tuturnya lagi.

Mirisnya, sebulan kemudian [Rabu 14/12], Sembiring kembali menghubungi  Reza untuk menagih janjinya. Pelaku pun mengatakan akan menyerahkan uang milik korban dan meminta kepada korban agar bertemu di Kantor PT Arista Sukses Abadi.




“Tapi begitu aku samai di Amplas, saya malah mendapat SMS dari Reza yang mengatakan dia tidak mau mengembalikan uang milik saya lagi. Saya sudah ditipu mentah-mentah. Jika dirincikan dari DP sebesar Rp 6 Juta yang sebelumnya dijanjikan dan berubah menjadi Rp 11.837.500, maka saya merasa telah ditpiu Rp 5.837.500. Jika tidak ada itikat baik dari Reza, saya akan melaporkanya ke Polisi dan YLKI. Sebagai konsumen, saya rasa sudah ada persengkongkolan untuk menipu saya,” bebernya.

Rudi Wijaya selaku Kepala Cabang PT Arista Sukses Abadi ketika dikonfirmasi terkait adanya dugaan penipuan yang dialami konsumennya terkesan buang badan.

“Sebenarnya si Nimrot Siregar yang harus bertanggungjawab langsung karena itu tim si Nimrot. Entar aku pastikan kapan Nimrot bisa datangkan si Reza,” ucapnya membela diri.



Share This Post On
468 ad

Leave a Reply

%d bloggers like this: