Kolom M.U. Ginting: Rakyat Tetap Dukung Duterte





Dunia meragukan cara Duterte menghadapi narkoba. Yang paling ragu tentu gembong bisnis narkoba itu sendiri, di Filipina maupun dunia di luar Fiipina. Yang lainnya antara membenarkan dan tidak membenarkan caranya itu. Tetapi statistik survey menunjukkan lebih dari 80% membenarkan sikapnya.

Setelah memenangkan Pilpres bulan Mei tahun lalu, 91% rakyat Filipina menyatakan kepercayaan atas kepemimpinan Duterte. Angka kepercayaan ini cukup tinggi, dan setelah hampir setengah tahun jadi presiden, terakhir dibuat lagi survey kepercayaan atas kepemimpinannya. Sekarang belum cukup setengah tahun masa kepemimpinannya, telah banyak kritikan dan segala macam makian dari penentang-penentangnya, tetapi dari hasil survey terakhir Duterte masih dapat dukungan penuh dari rakyat Filipina.

Big trust 83%, No trust 4% dan undecided 13%.

Jadi, kepercayaan rakyat Filipina masih belum tergoyahkan atas kepemimpinan Duterte termasuk dalam caranya menangani narkoba dan semua kejahatan lainnya.

Terakhir dia juga menganjurkan kepada publik rakyat Filipina supaya bisa melaporkan kegiatan korupsi tanpa harus mengatakan namanya. Anonim saja ke nomor telefon yang sudah disediakan. Duterte mengerti sungguh kalau narkoba erat kaitannya dengan korupsi atau pejabat yang korup, seperti walikota. Kalau seorang walikota ikut kegiatan narkoba, dia akan merahasiakan orang-orang narkoba ke polisi di kotanya. Berarti, bikin perlindungan terhadap pengedar narkoba.

“Karena itu, walikota ini harus mundur atau saya akan bunuh sendiri,” kata Duterte.

Diantara nama dalam daftar walikota agaknya sudah ada yang dicap ‘narkoba’ dan Duterte akan bunuh sendiri, katanya, atau langsung mengundurkan diri secara suka rela. Tak ada pilihan lain dalam kepemimpinan Duterte.

Kritikan dunia terhadap sikap Duterte dalam menghadapi narkoba dan kriminal telah menjadi kritikan utama bagi badan-badan kemanusiaan dunia. Juga dari negara-negara maju Eropah kecuali bakal Presiden AS Trump yang, sebaliknya, memuji ‘drug war’ Duterte (dalam catatan terakhir sudah terbunuh sekitar 4500 orang). Dalam pembicaraannya lewat telefon pada permulaan Desember lalu, menurut Duterte, Trump memuji caranya dalam menghadapi narkoba maupun kriminal lainnya. Kata Duterte lagi “And he was wishing me success in my campaign against the drug problem.”

“Philippine President Rodrigo Duterte’s plan to “kill all” the country’s suspected drug users and dealers has many foreign critics, including the United States, the European Parliament and the International Criminal Court.” (Washingtonpost. com)

 

The United States, the European Parliament and the International Criminal Court adalah pengeritik terdepan bagi kebijaksanaan Duterte.

Tetapi . . .

1. The United States, dalam perjalanan menuju perubahan total dengan masuknya Trump ke Gedung Putih. Trump memuji Duterte dalam sikapnya atas narkoba.

2.The European Parliament semakin tak bernyawa dengan berkurangnya minat ikut UE. Ide Brexit akan terus mengalir dan berkembang, sebagai pencerminan nyata dari perjuangan antara nasionalisme kontra internasionalisme/ globalisme neoliberal dunia. Selanjutnya Marine Le Pen di Perancis yang diduga bakal menang dalam Pilpres tahun ini, akan merupakan sumbangan kepastian yang menentukan perkembangan Eropah dan UE yang arahnya sudah pasti.

3. ICC (International Criminal Court) adalah salah satu badan penting bagi UE yang pada pokoknya juga adalah proyek bisnis dunia neolib dalam soal-soal HAM dsb.  

Marine Le Pen pernah juga mengatakan kalau 4orang nasionalis seperti Trump (AS) dan Putin (Rusia) ditambah Marine Le Pen Perancis dan Nigel Farage (Inggris) akan bisa pegang peranan penting dalam mengarahkan perdamaian dunia abad 21.

Perjuangan nasionalis Duterte melawan setan mengerikan narkoba global dan kriminalitasnya, akan semakin terdukung dalam proses perubahan jaman yang menguntungkan yaitu tibanya kontradiksi baru: nasionalisme kontra internasionalisme/ globalisme.

Begitu juga sangat menguntungkan bagi perjuangan nasionalisme Jokowi dalam Trisakti atau Nawacitanya yang pasti akan maju semakin kukuh.

Share This Post On
468 ad

1 Comment

  1. terima kasih SS menampilkan lagi Filipina di artikel ini. Lagunya bikin terharu dan menyentuh, mengingat situasi umum rakyat Filipina, . . . atau karena sangat mirip dengan lagu/musik Karo?

    MUG

    Post a Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: