SiruloTV: HUJAN DERAS DI JAKARTA — Bukan Hujan Buatan

Laporan EDI SEMBIRING

Setelah berbulan-bulan kemarau panjang dan panas menyengat, hujan mengguyur Kota Jakarta malam ini [Sabtu 4/11]. Hujan turun dimulai sejak Pukul 19.05 WIB. Suhu udara sekitar 25°C.

Hujan deras disertai petir berakhir pada Pukul 21.25 WIB.

Hujan kali ini lumayan deras dan panjang. Berbeda dengan hujan buatan yang pernah turun dua atau tiga kali namun teramat pendek.

Menurut prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), esok [Sabtu 5/11], Wilayah Jakarta Selatan kembali akan diguyur hujan ringan pada Siang Hari.

Di Wilayah Jakarta Timur juga terpantau akan terjadi hujan ringan pada Siang Hari. Sedangkan di Jakarta Barat akan berawan dari Pagi hingga Malam. Jakarta Pusat juga akan berawan pada Siang hingga Malam.

Sementara Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu juga akan bercuaca berawan dari Pagi hingga Malam dan cerah berawan pada Dinihari.

Hujan deras disertai angin kencang juga mengguyur sejumlah wilayah di Tangerang Selatan (Tangsel) dan Bekasi.

Perlu diwaspadai angin kencang yang membuat pohon tumbang. Hujan deras yang disertai angin kencang juga melanda Wilayah Cianjur, mengakibatkan puluhan pohon tumbang di sejumlah titik.

Lokasi pohon tumbang yang besar tejadi di empat titik; yaitu Jl. Arief Rahman Hakim depan departemen store Jogya, Jl. KH. Abdullah bin Nuh depan Kantor DPRD, Jl. Jebrod dekat kantor Disdikpora depan toko Yul Grosir dan di Pasir Hayam.

Petugas BPBD langsung melakukan evakuasi agar akses jalan yang sempat terhalang pohon tumbang bisa dilalui kendaraan lagi.

Untuk pertama kalinya, banyak kawasan di Surabaya yang diguyur hujan meski hujan hanya berlangsung singkat. Hujan mengguyur kawasan Wonokromo, Darmo, Genteng dan Tegalsari Surabaya. Untuk kawasan Genteng, hujan dengan intensitas sedang mengguyur Jl. Gubernur Suryo, Tunjungan, hingga Panglima Sudirman.

Hujan juga mengguyur kawasan Surabaya Selatan. Mulai dari Jl. Ketintang, Jambangan, Karah, dan sekitarnya. Hujan hanya berlangsung sekitar 3 hingga 5 menit saja.

Kawasan lainnya yang juga diguyur hujan yakni Wonosari Semampir, Pandegiling, Embong Malang, Perak, Babatan Unesa, Grand City, kawasan PTC, Bulak hingga Kenjeran.

Apakah musim kemarau yang melanda Pulau Jawa akan berakhir?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.