AIR PANAS PENEN DAPAT ALIRAN DANA PUSAT

0 0
Read Time:2 Minute, 13 Second

IMANUEL SITEPU | BIRU-BIRU (Karo Hilir, Sumut) — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memastikan lokasi wisata Pemandian Alam Air Panas yang terdapat di Desa Penen (Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang) mendapat kucuran bantuan dari Pemerintah Pusat.

Ini disampaikan oleh tim survei Kemendes PDTT kepada Kepala Desa Penen (Jhon Wesly Sitepu), seluruh Perangkat Desa, Anggota BPD, Tokoh Masyarakat, PD, dan PLD.

Penyampaiannya disaksikan oleh Kabid PMD Kabupaten Deliserdang Bidang BUMDes dan Camat Biru-biru (Dhani Mulyawans SSos MAP) saat meninjau langsung lokasi Pemandian Alam Air Panas Penen [ Selasa 15/3].

“Lokasi wisata Pemandian Air Panas Penen cukup menjanjikan dan layak dikembangkan. Selain lokasinya dekat dari Kota Medan, air panas ini mengandung belerang shiengga mampu menyembuhkan penyakit,” sebut Buk Sari Arta dan Aulia mewakili Kemendes PDTT.

Lanjut dikatakan, bila lokasi Pemandian Alam Air Panas Penen semakin maju, ini akan menambah kesejahteraan warga sekitar.

“Apalagi Pemandian Alam Air Panas Penen telah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes,” katanya.

Sementara Camat Biru-biru Dhani Mulyawans mengatakan, kemajuan lokasi wisata bukan hanya ditentukan oleh bangunan yang megah. Namun juga harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan ketertiban.

“Peran masyarakat dalam sadar wisata sangat penting dalam memajukan tempat wisata. Tak ada lokasi wisata yang maju tanpa didukung oleh masyarakat,” jelasnya.

Kepala Desa Penen (Jhon Wesly Sitepu) pada kesempatan itu mengaku sangat berharap agar Kemendes PDTT serius dalam memajukan lokasi wisata Pemandian Alam Air Panas Penen agar menambah kesejahteraan masyarakat di saat wabah pandemi Covid-19.

Menurutnya, saat ini, lokasi wisata yang memanfaatkan sumber Air Panas sudah banyak berdiri di sekitar Desa Penen yang dikelola oleh pribadi maupun swasta.

“Meskipun kami telah berusaha melakukan pembangunan yang bersumber dari swadaya masyarakat, dana ADD dan bantuan Disbudpar Kabupaten Deli Serdang, sampai sekarang belum memadai. Jika bangunan tidak mendukung, lokasi wisata Alam Pemandian Air Panas Penen dipastikan akan kalah bersaing dengan lokasi wisata lain yang bangunannya sudah memadai,” tuturnya.

Data yang berhasi dihimpun, Kemendes PDTT bukan pertama kali mengunjungi Lokasi Wisata Pemandian Alam Air Panas Penen. Hampir setahun lalu [Jumat 28/5], Kemendes PDTT telah meninjau Lokasi Wisata Pemandian Alam Air Panas Penen.

Saat itu, Tim Kemendes PDTT berjumlah 4 orang yakni Titik Alfah, Betharia Pardosi dan Fiska Ambarwati turut didampingi Kadis PMD Deli Serdang (Khairul Azman Harahap SSos), Tim dari Dinas Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, Perwakilan Dinas PUPR Deli Serdang (M. Ziyad dan Jhonson P Purba), perwakilan dari Bappeda seperti Dely Chairina, Heriani S, Camat Sibiru-biru Dhani Mulyawan SSos, Kasi PMD, PD dan PLD.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: