ADINDA DINDA | BANGKOK | Honeywell terpilih sebagai vendor teknologi penangkapan karbon (carbon capture) bagi PTTEP dalam proyek Penangkapan dan Penyimpanan Karbon di Sumur Gas Alam Arthit di Teluk Thailand. Proyek ini melengkapi portofolio solusi penangkapan CO2 Honeywell yang komprehensif dengan pengalaman komersial selama lebih dari 70 tahun. Honeywell memasok teknologi SeparexTM Membrane untuk mengonsentrasikan uap yang banyak mengandung CO2.

Selanjutnya menyimpannya di bawah tanah bekas area cadangan gas yang kosong dan tidak lagi dipakai.

Teknologi Honeywell menyediakan solusi terbaik yang merombak sistem pengumpulan uap yang banyak mengandung CO2 lewat proses dua tahap. Uap padat CO2 ini diinjeksikan ke dalam area cadangan gas bawah tanah yang kosong terdekat dan tidak lagi dipakai karena tidak adanya ruang simpan dalam platform lepas pantai. Teknologi tersebut juga menghindari praktek pembakaran hidrokarbon yang terkandung dalam gas, hingga mengurangi pencemaran.

“Kini, 15 juta ton CO2 ditangkap dan disimpan per tahunnya. Saat ini, Honeywell mampu menangkap 40 juta ton CO2 per tahun di berbagai proyek yang telah dibangun di seluruh dunia[1]. Kami bangga dapat menyumbangkan keahlian dan pengalaman tersebut bagi proyek penangkapan dan penyimpanan karbon unggulan PTTEP di Thailand. Kontrak proyek ini diperoleh Honeywell berkat hubungan jangka panjang yang terjalin dengan PTTEP, serta kapasitas teknologi penangkapan CO2 kami yang semakin bertambah. Teknologi ini menghadirkan solusi terbaik bagi proyek penangkapan dan penyimpanan karbon unggulan di Arthit, Tailand,” ujar Matt Spalding, Vice-President & General Manager, Honeywell UOP Asia Pacific.

Honeywell juga akan menyediakan layanan teknik dan konsultasi pada tahap Front End Engineering Design (FEED), serta tahap selanjutnya jika FEED berhasil dilakukan. Honeywell akan memasok SeparexTM Membrane Elements sekaligus menyediakan dukungan prauji coba dan operasionalisasi pada tahap akhir.

Proyek ini akan menjadi salah satu instalasi komersial terbesar bagi Honeywell di Asia Pasifik. Lebih lagi, proyek ini akan mendemonstrasikan manfaat teknologi pemrosesan gas alam secara komersial untuk penangkapan dan penyimpanan karbon. Proyek ini melengkapi portofolio solusi penangkapan CO2 Honeywell yang komprehensif dengan pengalaman komersial selama lebih dari 70 tahun.

Tentang Honeywell

Honeywell (www.honeywell.com) menghadirkan solusi yang dirancang spesifik untuk industri tertentu, mencakup produk dan layanan kedirgantaraan; teknologi kendali untuk gedung dan industri; serta performance material di seluruh dunia. Teknologi Honeywell membantu pesawat terbang, gedung, pabrik, rantai pasok, dan pekerja agar semakin terkoneksi. Dengan demikian, dunia menjadi lebih pintar, aman, dan berkelanjutan. Kabar dan informasi lebih lanjut tentang Honeywell tersedia di www.honeywell.com/newsroom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.