HONG KONG, KANCAH OLAHRAGA INTERNASIONAL

ADINDA DINDA | HONG KONG SAR | Mulai dari rugbi dan golf berskala internasional hingga anggar dan dragon boat, ajang olahraga Hong Kong menggaungkan perpaduan ragam budaya Timur dan Barat, yang diimbangi dengan berbagai fasilitas kelas dunia.

Tahun 2024 merupakan tahun Olimpiade dan Hong Kong yang terkenal sangat aktif berolahraga, menjadi bagian dari acara tersebut.

Pertandingan pertama FIE Foil World Cup, yang diadakan di Hong Kong, dihadiri oleh para pemain anggar internasional elite untuk bertanding sebelum Olimpiade dimulai. Juara bertahan Olimpiade, Cheung Ka-long, menantang para pesaingnya dengan memimpin Tim Hong Kong, Tiongkok menuju kemenangan dalam acara AsiaWorld-Expo.

World Triathlon Cup tidak hanya menawarkan poin kualifikasi Olimpiade, tetapi juga memberikan pengalaman unik bagi para kompetitor, yaitu renang sejauh 750 m di Victoria Harbour, diikuti dengan sepeda sejauh 20 km, dan lari sejauh 5 km menuju garis finis di pusat kota.

Hong Kong Sevens (rugbi) merupakan acara olahraga terbesar di Hong Kong. Pada edisi ke-47 tahun ini, acara tersebut kembali menyatukan tim-tim terbaik dunia selama tiga hari. Turnamen ini diselenggarakan di Stadion Hong Kong untuk terakhir kalinya pada tahun ini, sebelum dipindahkan ke lokasi baru di Kai Tak Sports Park (KTSP).

LIV Golf Hong Kong merupakan pertandingan olahraga terbaru di tahun ini. Acara ini diselenggarakan di Hong Kong Golf Club dan sukses menarik perhatian para pecinta olahraga golf karena menghadirkan banyak aksi, hiburan, dan keseruan yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Untuk acara yang benar-benar mencerminkan keanekaragaman budaya Hong Kong yang kaya, Festival dragon boat diselenggarakan di berbagai tempat di tepi laut seluruh kota setiap musim panas.

Kancah olahraga di kota ini diprediksi akan meningkat dengan pesat karena dihadirkannya KTSP (yang akan dibuka pada tahun 2025) yang memiliki berbagai fasilitas terbaik, termasuk stadion utama dengan kapasitas 50.000 tempat duduk. Fasilitas ini dihadirkan untukmenarik ajang olahraga lainnya.

Pemerintah setempat bekerja sama dengan berbagai sektor untuk meluncurkan berbagai acara olahraga. “Momentum ini akan terus dibangun, dan akan terus berlanjut. Tidak akan ada kata berhenti dari kami untuk berbagai ajang bergengsi dan berskala internasional,” kata Paul Chan, Menteri Keuangan.

Hong Kong merupakan salah satu tuan rumah untuk acara Pekan Olahraga Nasional Tiongkok ke-15 yang akan diselenggarakan pada tahun 2025 bersama Guangdong dan Makau. Ajang olahraga yang diadakan tiap empat tahun sekali ini merupakan ajang multiolahraga nasional tingkat tertinggi dan terbesar di Tiongkok.

Inilah pertama kalinya Hong Kong menjadi salah satu tuan rumah untuk Pekan Olahraga Nasional Tiongkok guna mendorong perkembangan olahraga di kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.