KEBERADAAN KARO DI PULAU KAMPAI — Foto di Pulau Kampai Sekitar 1976-1978

0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

Oleh EDI SEMBIRING (Jakarta)

Pulai Kampai penghasil terasi terbesar di Sumut. Terasi (belacan dalam sebutan orang Sumut) dari Pulau Kampai yang paling terkenal hingga ke mancanegara adalah terasi berbahan baku udang kecepai/ udang rebong. Terasi ini telah dikenal sejak zaman Kolonial Belanda.

Foto ini berasal dari puang kalimbubu kami Agape Timotius Kembaren.

Diberi keterangan: “Saat mendiang Bapak ikut sebagai tim penginjil GBKP ke Pulau Kampai. Inilah gereja yang pertama berdiri di sana” (Lihat foto di bawah)..

Gereja ini berdiri di Pulau Kampai, yang terletak di Desa Pulau Kampai (Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat) (Sumut). Wilayah ini masuk ke dalam Liang Melas Jahe.

Foto ke dua adalah kehidupan keluarga Sembiring Kembaren di Pulau Kampai (Lihat Foto Cover). Taneh Karo itu terbentang dari sebahagian Kabupaten Dairi, sebahagian Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupan Deli Serdang, Kotamadya Medan, Kotamadya Binjai dan Kabupaten Langkat.

Taneh Karo itu adalah wilayah perkampungan tradisional Suku Karo. Dari gunung hingga ke pulau di tengah lautan. Untuk mencapai Pulau Kampai dengan 2 cara:

Watch this video on YouTube.

1. Penyeberangan pertama dari rute TPI melalui Kelurahan Beras Basah (Kecamatan Pangkalan Susu), diseberangkan dengan kapal motor kayu.

2. Penyeberangan ditempuh melalui rute Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, lalu menerobos kawasan perkebunan dan pemukiman penduduk. Saat tiba di Dusun Damar Seratus, lalu menyeberang dengan kapal motor kayu.

Watch this video on YouTube.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: