KERJA TAHUN KUTA GALOH 2022 — Karo Singalor Lau

0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

EDY S. GINTING | TIGABINANGA (Karo Singalor Lau) | Seperti kampung-kampung lainnya di Kecamatan Tigabinanga (Karo Singalor Lau), Kuta Galoh saat ini mengadakan pesta tahun atau Kerja Tahun dalam Bahasa Karo. Kerja Tahun adalah sama dengan Tahun Baru yang sekaligus merupakan hari berdirinya kampung (kuta).

Ada yang melaksanakan kerja tahun bersamaan dengan Musim Tanam Padi Ladang (Merdang), ada yang bersamaan saat padi berbunga (erbunga benih atau mbeltek page) dan ada yang bersamaan dengan Musim Panen (rani).

Daerah Singalor Lau umumnya merayakannya pada saat bersamaan dengan Musim Panen.

Kerja Tahun juga menjadi kesempatan berkumpul bagi para perantau dengan handai tolan di kampung halaman. Bagi muda musi adalah kesempatan mendekati atau menarik perhatian lawan jenisnya, terutama melalui pesta tari dan musik.

Selama Pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan Dunia, Kabupaten Karo tidak ada dilakukan Kerja Tahun. Demikian juga dengan Kuta Galoh. Ini adalah pertama kalinya mereka merayakan kembali kerja tahun.

Kerja Tahun Kuta Galoh hari ini [Jumat 24/6: Pukul 20.15 WIB] bertempat di Losd Desa Kuta Galuh. Kerja Tahun ini terlaksana berkat Kerjasama Pemerintah Desa, Karang Taruna dan seluruh warga.

Panitia Pelaksanaan Kerja Tahun ini sepenuhnya ditangani Karang Taruna Kuta Galoh, didukung penuh oleh Kepala Desa Kuta Galoh dan BPD Desa Kuta Galoh.

Pantauan reporter Sora Sirulo di Lapangan, tampak antusiasme Karang Taruna bersama kegembiraan warga. Terlihat para anggota Karang Taruna menari penuh semangat. Apalagi ditambah alunan musik Gints Group dari Lau Baleng yang ditukangi oleh Maman Sembiring, menambah suasana meriah dan penuh kekeluargaan.

Untuk giliran menari dilakukan menurut Beru Silima.

Seorang warga (Bobby Ginting) menjelaskan kepada Sora sirulo, Kerja Tahun ini dilaksanakan bersama-sama. Dia berharap untuk tahun depan bisa dilaksanakan lebih meriah lagi dengan menampilkan Perkolong-kolong dan Bintang Tamu serta Undangan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: