Kolom Acha Wahyudi: ARTI SEBUAH KERUMITAN

0 0
Read Time:2 Minute, 20 Second

Sama halnya saat kali pertama menonton 13 episode film sains 𝗖𝗼𝘀𝗺𝗼𝘀 𝗮 𝗦𝗽𝗮𝗰𝗲𝘁𝗶𝗺𝗲 𝗢𝗱𝘆𝘀𝘀𝗲𝘆 di tahun 2014. Juga film 𝗖𝗮𝘀𝘀𝗶𝗻𝗶’𝘀 𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗙𝗶𝗻𝗮𝗹𝗲 (kisah perjalanan dari awal sampai detik terakhir ekspedisi Pesawat Luar Angkasa Cassini selama 20 tahun menjelajah Saturnus), diakhiri dengan cara membunuh dirinya sendiri.

Dia masuk ke dalam atmosfer Saturnus setelah memberikan Titan ciuman perpisahan pada 15 September 2017.

Tak tertahankan menitik pula air mataku saat JWST berhasil diluncurkan ke ruang angkasa 25 Desember 2021 lalu. Menuju stasiun pengamatan sekitar 1,5 juta km di luar Bumi.

Kemudian menangisku kegirangan saat 344 momen kritis dapat dilaluinya. Hingga satu demi satu cermin hexagonal yang semula terlipat terbuka sampai konfigurasi sempurna seperti yang direncanakan semula tercapai.

Mega project JWST bernilai US$10 milyar atau lebih Rp. 142 Trilyun itu, diharapkan bisa mendeteksi cahaya dari bintang-bintang pertama yang bersinar di alam semesta sekitar 13,5 miliar tahun lalu demi mengungkap asal usul Alam Semesta.

Setelah 6 bulan lebih penantian, tanggal 12 Juli 2022 kemarin NASA merilis image-image mengharukan pertama yang berhasil dipotret oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb yang telah dirancang ribuan ahli selama 30 tahun.

Selain gambar fenomenal 5 galaxy sekaligus yang memenuhi Jagad Maya sejak kemarin, foto di bawah ini adalah The Southern Ring planetary, bintang sekarat yang diselimuti debu dan lapisan cahaya.

Gambar: NASA, ESA, CSA dan STScl

Bintang redup berjarak 2.500 tahun cahaya di tengah image ini telah hampir kehabisan energi setelah mengirimkan cincin gas dan debu selama ribuan tahun ke segala arah.

Di samping misi mengungkap masa lalu, misi JWST lainnya adalah menyelidiki atmosfer planet-planet jauh yang akan membantu para peneliti mengetahui planet-planet mana yang layak huni.

Sementara itu salah satu pemimpin daerah di negeri sharia wannabe masih sibuk membuat gebrakan luar binasa saking kebingungan ga ada kerjaan. Dia bikin puyeng warganya dengan mengubah nama jalan-jalan di beberapa wilayah kekuasaannya.

Paling brillian lagi, akan diberlakukannya aturan pemisahan penumpang laki-laki dan perempuan pada angkutan umum demi memberikan privilege bagi pemilik otak-otak cabul!

Mungkin angkot akan dicat pink untuk angkot khusus wanita, dan warna lain untuk angkot laki-laki. Duh… ngga sabar melihat Jakarta akan kembali berwarna-warni, seperti separator jalan yang dicat pelangi beberapa waktu lalu itu lho!

Dan, oh ya, jangan lupa pengemudi Taxi, GO-JEK atau Grab laki-laki juga ga boleh mengangkut penumpang wanita dan sebaliknya.

Beruntunglah para LGBT, tidak ada aturan untuk Anda, karena Anda semua invisible, tidak diakui! Tidak ada! Tidak boleh hidup sesuai petuah paling suci yang diimani milyaran manusia-manusia termulia. Maka bersyukurlah sebagai LBGT!

Bila aturan bisa dibuat rumit, serumit pembuatan, peluncuran dan pengoperasian JWST, kenapa juga harus dipermudah?!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: