Kolom Andi Safiah: KETERASINGAN DAN PEMAKSAAN — Tentang Adanya Agama

0 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

Secara pribadi saya lebih sepaham dengan argumen yang dibangun oleh Ahmad Fauzi dalam bukunya Agama Skizofrenia, daripada argumen yang berbelit-belit dan terkesan “seolah-olah” maksa yang dibangun oleh Franz Magnis Suseno dalam bukunya menalar tuhan.

Contoh: Pada bagian ke dua halaman 12.

Di situ, Ahmad Fauzi menulis argumen ketuhanan lewat bahasa yang sederhana. Sangat mudah dicerna oleh akal sehat manusia. Sebagaimana dikatakannya: “Ketuhanan yang ada sampai sekarang, adalah produk keterasingan manusia yang hidupnya dirampok oleh kenyataan.”

Walaupun argumen ini juga pernah keluar dari pikiran Karl Marx.

Argumen ke dua: “Bukan manusia sebagai citra Tuhan, tapi citra manusia adalah Tuhan.” Dan, “Manusia adalah pusat agama, ia menjadi sumber moralitas.”

Bandingkan dengan argumen dari Franz Magnis Suseno (FMS) yang tampil gamang ketika berbicara soal Tuhan.

Pada halaman 22 dalam buku menalar tuhan, FMS menulis argumen yang bunyinya begini, “kami memilih istilah” “mempertanggungjawabkan” Iman akan adanya Tuhan “secara rasional”. Dengan demikian, kami mengambil posisi yang bisa disebut “moderat”.

Ahmad Fauzi adalah kolomnis SORA SIRULO. Link ini ini adalah salah satu kolomnya di SORA SIRULO.

Lebih lanjut FMS berargumen bahwa “posisi lebih” “keras” akan mencoba membuktikan bahwa Tuhan itu ada. Nah, argumen selanjutnya dari FMS buat saya sedikit menggelitik karena ada unsur “pemaksaan” di sana.

Perhatikan jenis argumen yang dibangun oleh FMS: “Jadi diberikan bukti-bukti, yaitu pertimbangan-pertimbangan logis-rasional yang secara logis ‘memaksa’ untuk mengakui bahwa ada Tuhan.”

Pada posisi ini saja saya bisa membandingkan mana argumen yang “logis rasional” dan mana argumen yang “agak maksa” untuk dijadikan logis rasional.

Jadi, membaca buku itu perlu melibatkan pendekatan kritis biar tidak krisis saat menulis kesimpulan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: