Kolom Aspipin Sinulingga: SAYUR BUNGA PEPAYA

0 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

Siapa yang sudah pernah mencicipi sayuran satu ini? Masih ndak tahu kalau ini salah satu sayuran terlezat di Indonesia yang pernah ada? Ini adalah Bunga Pepaya. Sebagian mengatakan ini pepaya dengan jenis berbeda; Pepaya Gantung. Namun, sampai saat ini, awak belum pernah lihat pepaya model begini punya buah.

Hanya bunga saja.

Bunga Pepaya (Kembang Gandul/ Kates dalam Bahasa Jawa; Mbunga Mbertik dalam Bahasa Karo) adalah sayuran yang punya cita rasa pahit gurih tapi bikin nagih. Mungkin sensasi nya seperti kecanduan kopi hitam tanpa gula.

Memasak sayuran ini pun agak rumit, harus direbus dahulu sampai lembut dengan daun jambu klutuk dan garam (usahakan garam kasar) untuk membantu menghilangkan rasa pahit dari sayuran ini.

Sayuran ini biasa diramu dengan motode tumis pedas atau tauco pedas. Belum pernah lihat sayuran ini disajikan dalam bentuk santan, atau yang lain, urap misalnya.

Rencah terbaik untuk sayuran ini adalah udang kering asin. Iingat, yang asin, agar rasanya tambah nikmat. Catatan, jika kalian ingin mencoba memasak tumis/ tauco sayuran ini, usahakan pedas. Jika kurang pedas, enaknya akan jauh berkurang.

Sayuran ini di mal-mal atau pusat perbelanjaan sayur mayur modern berkisar antara Rp. 10 ribu/ 150 gr – Rp. 28 ribu/ 500 gr. Cukup mahal, bukan? Mungkin karena sayuran ini tidak bisa dibudidayakan, alias tumbuh liar tanpa bisa diprediksi makanya harganya mahal.

Ini adalah satu dari 5 sayuran favorit awak. Kalau sudah makan dengan sayur ini, ndak pakai lauk dan sambal pun oke saja tambo 3 kali.

Rasanya pingin buat Vlog atau Channel Youtube yang bahas soal masakan-masakan tradisional berbahan dasar unik, seperti pakis, tubis/ rebung bambu, bunga pepaya, umbut pisang, dan banyak lagi. Sayang awak ndak punya pengetahuan Video Graphi dan alat.

Yop, itulah kenapa desa begitu menggoda untuk ditinggali. Banyak nikmat Tuhan yang bisa kita dapat secara gratis di sini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: