Kolom Melati A. Sitepu: BASA SUNDA DIUSIK URANG SUNDA NGULISIK

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

Buntut dari ujaran anggota DPR yang mengatakan perlu pemecatan atas satu pejabat yang memakai Bahasa Sunda di forum resmi menuai hujatan dari kalangan Orang Sunda. Seperti biasa warga +62, memang sangat bersatu dengan teguh untuk hal-hal begini.

Responnya cepat.

Sedikit berlebihan sih pernyataan anggota DPR itu. Seharusnya tidak perlu pernyataan begitu. Sepertinya cukup dengan himbauan agar semua orang menggunakan Bahasa Indonesia dalam forum resmi.

Orang Sunda juga tidak perlu mengambil hal itu secara personal, kan yang dibahas adalah perilaku berbahasanya si pejabat bukan bahasanya apalagi Orang Sundanya secara keseluruhan.

Coba kita lihat dari sisi anggota DPR, mungkin dia tidak paham apa yang disampaikan dalam Bahasa Sunda itu jadi merasa Bahasa Sunda tidak selayaknya digunakan pada saat itu. Saya bisa merasakan apa yang dirasakan beliau.

Waktu kuliah di Bandung, saya yang baru di Bandung sama sekali tidak mengerti bahasa Sunda, tapi di setiap perkuliahan harus mendengar Bahasa Sunda di kelas. Awalnya saya kesal, ini pascasarjana kok dosen program studi Bahasa Jepangnya rajin sekali berbahasa Sunda di kelas?

Awalnya saya merasa tidak dihargai, seolah dosennya sedang bergosip hal rahasia dengan rekan mahasiswa yang lain. Kan tidak lucu orang lain ketawa-ketawa sementara kita tidak mengerti apa-apa.

Tapi, karena hampir setiap minggu begitu, ya akhirnya saya tak ambil pusing, sak karepmu dewe lah! “Suka-sukamulah, kau bikin bikinmu, kubikin bikinku,” kata orang Medan.

Penting untuk belajar menempatkan diri sesuai waktu dan kondisi. Silahkan berbahasa daerah dengan sesama orang sedaerah, tapi kalau dalam forum resmi ya sudah selayaknya memakai bahasa pengantar resmi yang sudah diakui negara.

Selain untuk menghindari kesalahpahaman juga lebih etis dilakukan. Kira-kira begitu pemahaman saya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: