KONSUMSI DAUN BANGUN-BANGUN — Warga Medan Deli Akui Pertumbuhan Anaknya Meningkat

VENESSA GINTING | MEDAN | Untuk menurunkan angka stunting, Kecamatan Medan Deli menghadirkan Pota Ceting (Pojok Tanaman Cegah Stunting) budidaya bangun-bangun. Tanaman ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) bagi balitanya. Manfaat daun bangun-bangun ini dirasakan langsung oleh seorang warga Medan Deli (Amelia).

Amelia mengaku, sejak rutin mengkonsumsi daun bangun-bangun, ASInya semakin banyak sehingga pertumbuhan anaknya pun meningkat.

“Banyak manfaat yang saya rasakan sejak mengkonsumsi daun bangun-bangun. ASI saya semakin bertambah dan anak saya semakin sehat. Di usia anak saya yang baru 4 bulan, beratnya mencapai 7.5 kg,” kata Amelia.

Amelia mengkonsumsi daun bangun-bangun dengan cara diolah menjadi gulai, cemilan ataupun direbus. Menurutnya, produksi ASInya terus bertambah sehingga dia tidak lagi perlu mengeluarkan uang membeli susu formula untuk Balitanya.

Amelia mengajak ibu-ibu lainnya mengkonsumsi daun bangun-bangun karena sangat berdampak baik bagi kesehatan anak.

“Mari kita rutin mengkonsumsi daun bangun-bangun untuk meningkatkan ASI kita. Anak menjadi sehat, aktif dan ceria,” ajaknya.

Sementara itu Camat Medan Deli, Indra Utama menjelaskan bahwa Pota Ceting (Pojok Tanaman Cegah Stunting) ini merupakan inovasi dari Kecamatan Medan Deli sebagai upaya menurunkan angka anak penderita stunting. Dengan memanfaatkan lahan seluas 5√ó40 Meter, Kecamatan Medan Deli berhasil membudidayakan tanaman daun bangun-bangun yang diketahui sangat bermanfaat untuk ibu menyusui memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) bagi bayinya.

“Sesuai arahan dari Bapak Wali Kota Medan (Bobby Nasution) kami berinovasi membuat Pota Ceting ini. Di lokasi ini kami menanam daun bangun-bangun yang manfaatnya sangat baik untuk ibu menyusui dalam memenuhi gizi Balitanya,” kata Indra Utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.