Naik Bus di Belanda Rasa Busway di Jakarta

Suasana di Stasiun Leiden Central kemarin sore [Jumat 26/8].
0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

ITA APULINA TARIGAN | LEIDEN (Nederland) | Karena sibuk hal remeh temeh saya ketinggalan bus menuju Leiden dari halte dekat sini (Leyhof). Alternatifnya adalah menuju halte lain yang jaraknya cukup lumayan. Sekitar 15 menit berjalan kaki.

Di halte ini, saya akan menunggu bus dari Bandara Schiphol menuju Leiden Central.

Jalan kaki saya percepat, karena waktu kedatangan bus sudah mepet. Selang semenit bus tiba. Saya dan seorang lain yang sudah terlebih dahulu menunggu di halte langsung menaiki bus. Kami terpaksa berdiri di dekat supir, persis di pintu masuk. Semua bangku sudah penuh dan lorong bus penuh sesak dengan orang-orang yang berdiri.

Lalu orang yang tadi bersama saya bertanya kepada supir, mengapa bus penuh sekali.

“Belum pernah begini selama saya naik bus ini?” Ujarnya.

Supir menjawab, bus adalah alternatif perjalanan hari ini karena pekerja kereta api sedang mogok.

“Oh, ya, ya….” katanya.

Setiap ada penumpang yang akan turun kami harus keluar terlebih dahulu, memberi jalan. Itulah konsekwensi berdiri di dekat pintu.

Saya dalam hati mengingat perjalanan sehari sebelumnya dari Utrecht. Sudah berencana bertandang beberapa hari di sana, tetapi terpaksa pulang malam hari sebelumnya [Kamis 25/8] karena khawatir jadwal kereta terganggu akibat mogok.

Benar saja, kemarin [Jumat 26/ 8] Leiden Central ramai dengan penumpang bus.

* * * *

Netherlandse Spoorwagen (NS), demikian nama perusahaan kereta api Belanda ini mengumumkan di website mereka tentang rencana mogok Serikat Pekerja Kereta Api. Serikat Pekerja menuntut kenaikan gaji dan sejumlah kompensasi. Sementara NS mengatakan, situasi perusahaan belum pulih secara finansial akibat pandemic selama 2 tahun berakhir.

Karena belum ada kesepakatan, Serikat Pekerja sudah menyampaikan jadwal mogok mereka yang dimulai sejak 24 Agustus hingga 31 Agustus. Mereka melakukan mogok bergiliran sesuai dengan daerah layanan kereta api.

Hari ini, mereka mogok di wilayah Barat – bagian terpadat di Belanda. NS mengatakan, lalu lintas akan terganggu di tempat lain di Belanda, termasuk di rute internasional menuju Belgia. Mereka menyarankan agar menggunakan transportasi lain dan sebaiknya menunda perjalanan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: