PENJINAK BOM BRIMOBDA LAKUKAN PENDISPOSALAN — Terhadap Bom Militer Tipe Proyektil Yang Ditemukan di Berastagi

0 0
Read Time:1 Minute, 53 Second

EDY S. GINTING. BERASTAGI (Karo Julu, Sumut) — Terkait penemuam bom militer tipe proyektil akhir Pekan lalu [Sabtu 5/2] di Gg. Surya Indah Kelurahan Gundaling 1 (Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo), Tim Jibom dan Gegana Brimobda Polda Sumut telah melakukan Pendisposalan sesuai SOP.

Dimulai dengan sterilisasi lokasi.

Selanjutnya dilakukan penentuan lokasi, penggalian lokasi penempatan Handak, perakitan handak, pengamanan lokasi, himbauan SOP oleh Kasubdit Jibom dan dilanjutkan dengan Pendisposalan.

Menurut Kasubdit Jibom Detasemen Gegana Brimobdasu (AKP Sardi SE MH), Pendisposalan bom temuan warga itu telah dilaksanakan sesuai prosedur dan berlangsung dalam situasi aman dan baik.

“Itu adalah bom militer tipe proyektil. Hendaknya warga lebih berhati-hati apabila menemukan benda-benda yang serupa untuk tidak langsung memegang apalagi membawa barang ke rumah. Segera lapor kepolisian,” kata Kasubdit Jibom Detasemen Gegana Brimobdasu (AKP Sardi SE MH).

Sebagaimana diberitakan oleh media sebelumnya, bom ini ditemukan oleh warga Katepul, Kabanjahe (Ridwan Tanjung) [Sabtu 5/2]. Saat itu, Ridwan sedang bekerja membangun rumah di Gg. Surya Indah Kelurahan Gundaling 1 (Kecamatan Berastagi) dan menemukan sebuah barang dari besi berbentuk runcing.

Dia mengiranya barang antik ataupun botot yang bisa dijual sehingga ia membawanya ke rumah. Karena barang yang ditemukannya berbentuk aneh, dia menanyakan temannya yang pensiunan TNI. Dari dialah Ridwan menyadari barang itu adalah bahan peledak jenis mortir.

Ridwan pun melaporkannya ke Polres Tanah Karo. Selanjutnya personil Polres Tanah Karo menuju TKP dan mengevakuasi bahan peledak tersebut ke Polres Tanah Karo sambil berkoordinasi dengan Sat Brimobda Polda Sumut.

Tadi pagi [Kamis 10/ 2: sekira pukul 09.30 WIB], Tim Jibom Brimobdasu yang dipimpin oleh Kasubdit Jibom Detasemen Gegana Brimobdasu (AKP Sardi SE MH) bersama Kabag Ops Polres Tanah Karo (Kompol D. Munthe SH) dan Kasat Intelkam Polres Tanah Karo (AKP Narno) tiba di Polsekta Berastagi.

Mereka selanjutnya bersama Kapolsekta Berastagi (Kompol L. Marpaung) dan personil Polsekta Berastagi, berangkat menuju lokasi lahan kosong Sinarta milik Karya Purba di jalan alternatif Deleng Singkut (Simpang Pelawi Desa Tongkoh – Desa Jaranguda).

Watch this video on YouTube.

Di lokasi itu dilaksanakan pendisposalan bahan peledak yang ditemukan warga. Pada Pukul 13.15 WIB, tim Jibom dan Gegana Brimobd aPolda Sumut melakukan Pendisposalan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: