PERLINDUNGAN PASOKAN LISTRIK ANDAL — Untuk Data Center Hyperscale di Indonesia

0 0
Read Time:3 Minute, 39 Second

ITA APULINA TARIGAN | JAKARTA | ABB di Indonesia mendukung AREA31 dalam memenuhi kebutuhan akan pasokan listrik yang andal, sehingga ketersediaan layanan bagi pelanggan terjamin. Melalui UPS PowerWave 33 dari ABB, AREA 31 akan mendapatkan kepastian pasokan listrik untuk infrastruktur jaringan yang kritikal pada data center tersebut.

Berlokasi di Depok, hanya sekitar 30 menit dari Jakarta CBD (Central Business District).

AREA31 merupakan salah satu Data Center Hyperscale di Indonesia yang mengusung konsep berbeda, yakni Edge Data Center dengan backup konektivitas melalui Internet Satelit.

Tidak hanya itu, selain menyediakan fasilitas Data Center, AREA31 juga menawarkan fasilitas Telecommunication Port (Teleport) bagi Satellite Communication Provider yang ingin memiliki Gateway di Indonesia.

Untuk mendukung hal tersebut, AREA31 menggabungkan standar internasional Data Center Rated 3 dari ANSI/TIA 942 dan fasilitas Teleport. AREA31 ditargetkan beroperasi pada kuartal keempat 2022.

Pasar data center di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, yang sebagian besar didorong oleh semakin luasnya tingkat konektivitas dan ekspansi besar-besaran dari sektor e-commerce, yang telah tumbuh sebesar 48 persen pada tahun lalu[1].

Selain itu, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan konsep smart city melalui teknologi infrastruktur IoT untuk jalan raya, lampu jalan, dan lampu lalu lintas. Kesemuanya itu mendorong pertumbuhan kebutuhan akan data center yang inovatif untuk mendukung pertumbuhan konsumsi data.

“Kombinasi antara kemajuan akses internet di Indonesia dan komitmen pemerintah terkait konektivitas telah menciptakan pertumbuhan yang signifikan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Pasar data center Indonesia diperkirakan tumbuh dari US$1,67 miliar menjadi US$3,43 miliar, dengan Laju Pertumbuhan Majemuk (CAGR) sebesar 13.5% antara tahun 2022-2027[2],” kata Joedy Lim, Head of Data Center Segment, ABB Electrification di Indonesia.

“Untuk data center, perlindungan daya yang andal adalah kunci untuk memastikan tidak adanya waktu henti dalam operasional, dan inilah alasan ABB PowerWave 33 menjadi solusi sempurna yang menghadirkan kombinasi luar biasa antara efisiensi energi dan kinerja daya listrik,” lanjutnya.

Dengan kemampuan proteksi arus listrik yang maksimal, PowerWave 33 memiliki footprint yang kecil dan memerlukan energi yang lebih sedikit dibandingkan model di luar ABB dengan peringkat daya yang sama. Hal ini tentunya akan membantu dalam penghematan yang signifikan.

PowerWave 33 juga menawarkan efisiensi hingga 96% pada mode konversi ganda atau 99% pada mode eco, untuk berbagai ukuran beban. PowerWave 33 dinilai ideal untuk penggunaan di data center, kantor dan gedung berukuran sedang, sebagai perlindungan tenaga listrik, otomatisasi proses, dan proses penting lainnya

AREA31 berkomitmen pada bisnis yang berkelanjutan dan dibangun dengan standar terbaik untuk sebuah fasilitas industri, dengan mempertimbangkan desain yang ramah lingkungan serta tahan gempa hingga magnitudo 8.

AREA31 mengusung konsep bunker militer yang dilengkapi dengan delapan lapis keamanan untuk memastikan faktor keamanan yang optimal dan bersifat independen (100% carrier and provider neutral facility).

Selain itu, AREA31 juga dilengkapi dengan kapasitas power sebesar 10 MegaWatt komponen elektrikal 2N, infrastruktur pendingin N+2, infrastruktur generator N+1 dan jaminan ketersediaan layanan 99.99%.

[1] https://jakartaglobe.id/business/ecommerce-transaction-value-to-hit-275b-in-2021
[2] https://www.reportlinker.com/p06067814/Indonesia-Data-Center-Market-Growth-Trends-COVID-19-Impact-and-Forecasts.html
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Communications ManagerPT ABB Sakti IndustriElectrification, IndonesiaAstrid DamayantiEmail : astrid.damayanti@id.abb.comUntuk mengunduh gambar pendukung:Klik di sini

ABB adalah perusahaan teknologi global terkemuka yang mendorong transformasi masyarakat dan in-dustri untuk mencapai masa depan yang produktif dan berkesinambungan. Dengan menghubungkan software ke berbagai portfolio bisnis electrification, robotics, automation, dan motion, ABB bertekad mendorong batas-batas teknologi untuk mencapai kinerja optimal. Berdedikasi untuk terus melanjutkan inovasi selama lebih dari 130 tahun, kesuksesan ABB didorong oleh 105,000 karyawannya yang tersebar di lebih dari 100 negara. www.abb.com

Area bisnis Electrification di ABB adalah pemimpin global dalam produk dan solusi ketenagalistrikan, yang beroperasi di lebih dari 100 negara, dengan pabrik yang tersebar di lebih dari 200 lokasi. Dengan lebih dari 50.000 karyawan, kami berdedikasi untuk menghadirkan elektrifikasi yang aman, cerdas, dan berkelanjutan, melalui pengembangan tren elektrifikasi masa depan dengan menghadirkan inovasi yang unggul di teknologi dan digital sambil terus memberikan berbagai solusi melalui keunggulan operasional untuk pelanggan kami di utilitas, industri, bangunan, infrastruktur dan mobilitas. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://go.abb/electrification

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: