SETELAH RITUAL PELEPASAN KAMBING DATOK — Karo Baluren Diguyur Hujan Lebat

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Laporan JENDARAS Dari Taneh Pinem (Karo Baluren)

Sebagaimana kami laporkan sebelumnya, kemarin dulu [Senin 19/9], dilakukan pelepasan Kambing Datok di Desa Pasir Tengah (Kecamatan Taneh Pinem, Kabupaten Dairi) (Karo Baluren) melalui sebuah ritual penyucian. Sehari setelah Kambing Datok dilepas oleh 4 komponen cikal bakal kampung, esoknya [Selasa 20/9] hujan pun turun dengan lebatnya sejak Pukul 19.00 sampai Pukul 22.00 WIB. Dilanjutkan dengan hujan gerimis sampai Dinihari.

Warga Desa Pasir Tengah yang umumnya adalah petani tentu saja gembira dan langsung sibuk bekerja di ladang masing masing.

Ada yang menanam jagung, memupuk, memompa rumput liar dan hama. Begitu juga halnya dengan para buruh tani yang selama masa kemarau sebelumnya menganggur merasa sangat senang. Namun begitu, pelepasa Kambing Datok kali menurut sesepuh Desa Pasir Tengah (Doa Maha) tidak sesakral sebelumnya.

“Dulunya ritual penyucian Kambing dilakasanakan di bawah pohon beringhin (jabi-jabi). Sekarang pohon itu tidak ada lagi. Tengkorak pendiri kampung diletakkan di sebelah Kambing. Disitu lah kita memohon agar terhindar dari bencana Kemarau Panjang. Sekaligus kita memohon agar diberi kesehatan,” papar Doa Maha yang ayahnya adalah Pengulu pertama Desa Pasir Tengah.

Adapun Ringkas Bangun, anak beru tua dari merga Sembiring Maha mengaku sedikit kecewa karena pada hari ritual pelepasan Kambing ia tidak bisa hadir. Saat itu, dia harus mengantar keponakannya berobat ke Kabanjahe.

“Saya sebenarnya ingin sekali ikut mengurasi Kambing itu. Tapi tidak apalah. Terpenting hujan sudah turun dan hari ini bisa menabur pupuk diladang,” katanya.

Sayangnya, di sisi lain, karena lebatnya hujan kemarin, banyak infrastruktur yang rusak. Terutama jalan dan beberapa rumah hampir kebanjiran. Bahkan, dari informasi warga, air bersih tempat mandi umum tidak jalan karena tersumbat oleh tanah dan pasir.

Hujan lebat pun kembali turun sore tadi [Rabu 21/9] pada Pukul 15.30. Hujan lebat ini disertai pula angin kencang.

Watch this video on YouTube.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: