Kolom Marx Mahin: BERDEBAT DENGAN ORANG BODOH

0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

Salah satu cara untuk bahagia adalah jangan berdebat dengan orang bodoh. Berdebatlah dengan orang pintar, maka kita jadi ikutan pintar. Berdebat dengan orang bodoh, maka kita jadi ikutan bodoh, karena untuk bisa berdebat dengannya kita harus menurunkan derajat menjadi bodoh sepertinya, dan sudah tentu kita pasti kalah.

Yaitu kalah pengalaman menjadi orang bodoh.

Orang bodoh berdebat bukan untuk mencari kebenaran tetapi untuk menarik kita agar bodoh seperti dirinya. Ia seperti babi, mengajak kita adu gulat di arena berlumpur. Targetnya bukan menang atau kalah, tetapi agar kita kotor, berlumpur dan bau seperti dirinya.

Ia sengaja menarik kita agar satu level dengan dirinya dan mengalahkan kita dengan pengalaman kebodohannya.

Kita mungkin sanggup mengatasi kekacauan yang terjadi di sekitar kita, tetapi kita tak dapat mengatasi kekacauan pikiran di kepala seseorang. Hindarilah berkomunikasi dengan orang yang berpikir kacau-berantakan.

Orang bodoh pasti tak mau mendengar pendapat orang lain. Siapa pun berseberangan atau berbeda pendapat dengannya pasti salah.

Pepatah Arab mengatakan, “Jangan nasihati orang bodoh, karena dia akan membencimu”.

Seorang teman berkata, “Jangan melawan pendapatnya, karena kalaupun ia kalah dan kamu menang, maka kemenanganmu tidak ada gunanya. Ia akan pergi kesana-kemari untuk merusak dan membuat namamu busuk”.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: