DALAM DEKAPAN REMBULAN DI TEPI SERDANG (KARO JULU) — Bagian 2

0 0
Read Time:1 Minute, 56 Second

Terdapat 3 potensi utama yang dapat dikelola menjadi wisata di Desa Serdang (Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo (Karo Julu). Pertama agrowisata. Warga dapat memasarkan aktivitas pertanian darat dan sawah.

Budidaya sayur mayur, palawija bahkan kopi begitu lengkap.

Hanya saja butuh jalur sebagai panduan dan kerja sama dengan banyak petani di desa. Pengunjung dapat diberikan pendidikan terkait pertanian dan terakhir mereka dapat menikmati secara langsung hasil pertanian di tempat ataupun membawanya sebagai oleh-oleh.

Ke dua, wisata budaya. Desa Serdang masih memiliki segudang tradisi yang dapat diangkat ke permukaan menjadi objek wisata. Pengobatan tradisional misalnya, selain terdapat banyak pengobat/ peramu obat tradisional, juga dapat dipadu dengan aktivitas peramu/ pengepul bahan ramuan obat ke hutan.

Selain obat-obatan, kuliner khas Karo yang beragam mulai dari yang unik sampai ekstrem masih ada di sana. Pengunjung dapat melihat dan terlibat langsung dalam mengumpulkan dan mengolah bahan menjadi makanan di tempat.

Ke tiga, wisata alam. Terdapat beberapa air terjun seperti Sampuren Beidar dan Lau Buaya. Namun, butuh waktu tempuh 2 -4 jam perjalanan melintasi rimba.

Bagi yang suka pemandangan dapat menikmati keindahan Dataran Tinggi Karo dari puncak Deleng Ganjang. Keindahan ini terutama saat sore dan malam hari melihat lampu lampu di seluruh desa dan Kota Kabanjahe juga Berastagi.

Aktivitas treking dapat dimulai dari perladangan warga sampai masuk ke rimba sesuai kemampuan. Untuk satwa masih sering dijumpai jejak rusa, kambing hutan atau beidar dalam Bahasa Karo (Capricornis sumatranus), imbou (siamang), rangkong, nggurisa dan banyak satwa liar lainnya.

Bagi yang hobbi camping terdapat 3 camping ground yang sudah dikelola warga. Bakarang Simalem Camping Ground mampu menampung puluhan tenda dengan view yang sangat baik.

Bagi yang ingin camping tepat di samping hutan dapat di Badigulan Camping Ground yang luasnya lebih dari 1 hektare. Sedangkan Gung Badigul Riverside cocok bagi yang ingin camping tepat di pinggir sungai.

Debit sungainya tergolong sedang sehingga sangat aman bagi anak-anak. Kapasitas tenda yang dapat ditampung di Gung Badigul Riverside sekitar belasan tenda.

Puncak Deleng Ganjang juga merupakan tempat camping yang begitu tepat yang suka tantangan. Suhu pada malam hari dapat mencapai 19°C. Melawan udara dingin tentu terbayarkan dengan view malamnya yang indah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: