Jutaan Orang Indonesia Mencari Kerja

0 0
Read Time:2 Minute, 14 Second

ITA APULINA TARIGAN | JAKARTA | Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal pertama 2022, tingkat pengangguran Indonesia mencapai 5,83% dari 208,54 juta penduduk usia kerja. Meski tingkat penyerapan tenaga kerja mulai mendekati seperti sebelum pandemi, sebanyak 8,4 juta orang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan.

Sebanyak 14% dari jumlah tersebut memiliki gelar diploma dan sarjana.

Sebuah studi yang dilakukan HRM Asia menunjukkan dua penyebab utama kesulitan penerimaan tenaga kerja, yaitu menemukan kandidat yang cocok dengan budaya perusahaan (14%), dan menemukan kandidat dengan latar belakang keahlian industri (54%). Oleh karena itu, platform KUPU hadir untuk mengatasi hambatan tersebut.

Di platform KUPU, profil para kandidat diurutkan dan diberi peringkat berdasarkan kecocokan dengan kriteria dan preferensi perusahaan dalam aspek keterampilan, pengalaman, dan lokasi mereka. Hal tersebut memungkinkan perekrut menghemat waktu dan lebih berfokus pada bagian yang lebih penting, yaitu wawancara dan persiapan orientasi karyawan baru.

Platform KUPU juga secara otomatis menyaring kandidat sehingga perekrut dapat melakukan wawancara daring melalui fitur pesan atau panggilan video yang ada di aplikasi tersebut. Proses orientasi karyawan baru juga dapat diefektifkan melalui fitur pembelajaran di KUPU Academy yang dikhususkan bagi mereka. 

Platform KUPU berbasis AI meningkatkan visibilitas pengguna melalui profil berbasis skor dan badges yang diakreditasi oleh KUPU Academy.

Untuk pencari kerja, platform yang dirancang oleh pengembang aplikasi yang cakap ini menawarkan sistem pencarian inklusif secara otomatis. Mereka dapat menemukan rekomendasi lowongan kerja yang sesuai kemampuan dan pengalaman mereka serta kriteria dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh berbagai industri. Selain itu, seluruh lowongan kerja yang diunggah harus melalui proses verifikasi. Hal ini mencegah terjadinya penipuan terhadap para pencari kerja.

Para pencari kerja disarankan mengikuti program KUPU Academy yang menyediakan beragam materi pembelajaran mengembangkan keterampilan serta meningkatkan profil mereka. Tujuannya adalah mempermudah mereka menemukan pekerjaan yang sesuai.  Skor dan badge dalam pembelajaran tersebut memperkuat profil kandidat agar diperhitungkan oleh pemberi kerja.

“Semua fitur di aplikasi KUPU dirancang dengan cermat untuk menjawab kebutuhan dan tantangan para pemberi dan pencari kerja. Kami berharap semua pihak yang telah menggunakan platform kami telah menemukan karyawan terbaik dan pekerjaan impian mereka. Ke depannya, kami berharap dapat menjangkau dan membantu lebih banyak orang lagi,” tambah Andry.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.kupu.id/

Tentang KUPU

KUPU adalah platform rekrutmen digital yang menghubungkan para pencari dengan penyedia kerja yang didirikan tahun 2021. Platform ini menyediakan kursus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta memastikan setiap pencari kerja memperoleh kesempatan yang sama. Dalam rangka memperluas jangkauannya dan memperkuat sektor ketenagakerjaan di Indonesia, KUPU terbuka untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak, baik di sektor publik maupun swasta.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: