Kolom Nisa Alwis: BANGSA TERBAHAGIA

0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

Lima tahun berturut-turut, hingga di 2022 ini Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia, menurut peringkat World Happiness Report. Sedangkan negara tetangga Nordik seperti Denmark, Norwegia, Swedia, dan Islandia juga mendapatkan skor yang sangat baik. Parameternya meliputi harapan hidup sehat, PDB per kapita, dukungan sosial di saat-saat sulit, korupsi rendah dan kepercayaan sosial yang tinggi.

Termasuk juga kedermawanan dalam komunitas dimana orang saling menjaga dan kebebasan membuat keputusan penting dalam hidup.

Berikut ini 20 negara dengan index bahagia tertinggi;

1. Finlandia 2. Denmark 3. Islandia

4. Swiss 5. Belanda 6. Luxembourg

7. Swedia 8. Norwegia 9. Israel

10. Selandia Baru 11. Austria 12. Australia

13. Irlandia 14. Jerman 15. Kanada

16. Amerika Serikat 17. Inggris Raya

18. Republik Ceko 19. Belgia 20. Prancis.

Faktor yg membuat Finlandia (dengan populasi kurang dari 6 juta jiwa) paling bahagia, antara lain; cara hidup mereka yang kalem dan santai, tingkat kejahatan rendah, korupsi rendah, dan sistem pendidikan adil. Jam kerja di Finlandia cenderung lebih sedikit, tetapi pekerjaan lebih produktif.

Sekolah di Finlandia tidak memiliki test standar ujian nasional untuk kelulusan, kecuali matrikulasi. Jam belajar di sekolah cenderung ringkas, hanya dari jam 9.00 hingga jam 14.00. Pemerintah Finlandia percaya ini lebih efektif dibanding jika siswa belajar terlalu pagi. Terbukti, sekolah-sekolah Finlandia mendapat peringkat tinggi dalam Program for International Student Assessment (PISA) untuk mata pelajaran dan keterampilan utama.

Pelajaran agama ada, dengan mengenalkan siswa pada agama-agama besar. Pemerintah Finlandia menilai perspektif akan agama penting karena ini menjadi penggerak banyak orang di dunia. Jadi, pelajaran agama menitikberatkan sisi toleransi. Para guru diwajibkan bersikap netral terhadap semua kepercayaan.

Faktor penting lainnya, tingkat kesetaraan di Finlandia sangat baik. Semua orang di sana tidak memandang latar belakang sosial dan ekonomi orang lain. Finlandia memiliki warga dengan kelas menengah sangat besar dan sangat sedikit kemiskinan.

Orang kaya di Finlandia cenderung malu menunjukkan kekayaan mereka. Orang terkaya di Finlandia mungkin mengendarai Volvo tua atau paling Mercedes sedikit lebih mahal, tetapi jarang menggunakan Lamborghini. Orang-orang miskin akan mendapatkan pendidikan dan perawatan kesehatan terbaik, dan tidak seorang pun perlu menjadi pengemis.

Terakhir, selain benefit dalam bentuk kebijakan, Finlandia juga memiliki alam yang indah. Negara yang banyak memiliki hutan hingga danau sebening kristal. Banyak yang percaya bahwa keindahan alam juga menjadikan alasan orang merasa bahagia dan sikap positif, hingga menjadi negara paling bahagia di dunia.

Indonesia?

Kita lumayan jauh di peringkat 80. Ukraina yang sedang berperang ke 98. Dan paling akhir ke 148, angka kebahagiaan paling memprihatinkan adalah Afghanistan.

Semoga kita mampu upgrade, bukan downgrade.

*Dari berbagai sumber.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: